Renungan harian 12 Desember 2013-”Janganlah takut. Akulah yang menolong engkau!”

Kamis, 12 Desember 2013
Pekan Adven II (U)
SP Maria dr Guadalupe;
Sta. Yohana Fransiska de Chantal
Bacaan I: Yes. 41:13–20
Mazmur: 145:1–9.10–11.12–13ab; R:8
Bacaan Injil: Mat. 11:11–15

”Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan—jika kamu mau menerimanya— ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!”

Renungan
”Janganlah takut. Akulah yang menolong engkau!” Inilah pesan yang sangat kuat bahwa Allah akan menolong dan tidak akan meninggalkan umat-Nya. Ia berjanji bahwa umat-Nya tidak akan kehausan, sungai-sungai akan mengalirkan air, mata air akan membual di tengah daratan, padang gurun akan menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering. Inilah jaminan-Nya kepada umat yang membuka diri untuk mendengar-Nya. Kuasa-Nya sedemikian besar melampaui kekuatan manusia dan alam.

Jaminan seperti ini tidak selalu mudah kita mengerti, terutama ketika kita kehilangan seseorang yang dicintai atau pekerjaan atau rumah atau tabungan atau ketika kita tidak mempunyai makanan, dsb. Rasanya lebih mudah bagi kita untuk lebih berfokus pada kesusahan, duka nestapa, ketidaknyamanan hidup dan kebutuhan-kebutuhan hidup yang harus segera dipenuhi daripada mendengarkan janji-janji Allah dan berharap pada jaminan-Nya. Kita juga bisa menjadi putus asa menyaksikan situasi masyarakat yang penuh kemiskinan, ketidakadilan, keserakahan, kekejaman, kekerasan, penipuan, dsb.

Masa Adven ini mengajak kita untuk meningkatkan iman dan pengharapan kita bahwa atas cara-Nya sendiri Allah akan menolong dan tidak akan meninggalkan kita. Kita diajak untuk mendengarkan suara-Nya dengan iman. ”Barangsiapa bertelinga hendaklah ia mendengar!”

Tuhan Yesus, ajarilah aku untuk berpegang pada janji-janji keselamatan-Mu dan jangan biarkan aku terpisah daripada-Mu karena hanya Engkaulah jaminan hidupku. Amin. Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: