Renungan harian 11 Desember 2013-”Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. “

Rabu, 11 Desember 2013
Pekan Adven II (U)
St. Damasus, Paus
Bacaan I: Yes. 40:25–31
Mazmur: 103:1–2.3–4.8.10; R:1a
Bacaan Injil: Mat. 11:28–30

”Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.”

Renungan
Salah satu lagu yang sering terdengar dalam persekutuan doa atau ibadah-ibadah ialah ‘Allah Peduli’ dengan lirik sebagai berikut: ”Banyak perkara yang tak dapat kumengerti, mengapakah harus terjadi di dalam kehidupan ini. Satu perkara yang kusimpan dalam hati, tiada satu pun kan terjadi tanpa Allah peduli. Reff: Allah mengerti, Allah peduli, segala persoalan yang kita hadapi, tak akan pernah dibiarkan-Nya kubergumul sendiri.” Lagu ini mengungkapkan di satu pihak pergumulan serta beban-beban kehidupan dan di pihak lain, kepercayaan akan Allah yang peduli dan membebaskan.

Banyak beban yang harus dihadapi oleh kita sebagai manusia. Orang-orang Yahudi harus memikul tuntutan hukum dan banyak aturan yang sangat membebani. Kehidupan kita sehari-hari, baik secara pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat, tidak lepas dari pergumulan dan tantangan.

Yesus membuat kontras antara tuntutan-tuntutan hukum dan apa yang diharapkan dari para pengikut-Nya. Di satu pihak, ada kelemahan dan kerapuhan kita dan di pihak lain, Allah memiliki belarasa dan kerahiman. Ia mengundang kita untuk datang kepada-Nya guna menemukan rasa lega dan pembebasan, penghiburan dan kekuatan. Ia mengundang kita untuk ambil bagian dalam kuk cinta kasih-Nya. Kalau para pemuka agama Yahudi menanggungkan beban-beban berat kepada para penganut agama, sebaliknya Yesus memberi rasa lega dan pembebasan. Beban dosa kita pun ditanggung dan dihapus-Nya.

Tuhan Yesus, beranikanlah aku untuk datang menemukan kelegaan, penghiburan dan kekuatan pada-Mu, di kala aku harus menghadapi beban-beban kehidupanku. Amin. Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: