Info Paroki


Paroki Kelapa Gading  Gereja Santo Yakobus
 terletak di kawasan Kelapa Gading, JakartaUtara.

Sejarah berdirinya Paroki Kelapa Gading dimulai dengan adanya pengembangan salah satu Wilayah dari Paroki Pulo Mas pada tahun 1976-1977,yaitu yang disebut Wilayah V yang menyangkut umat didaerah Kelapa Gading.

Perkembangan jumlah umat di daerah Kelapa Gading seiring dengan berkembangnya Kelapa Gading sebagai daerah pemukiman baru, akhirnya dapat menghasilkan pembentukan Paroki baru yang terpisah dari Paroki Pulo Mas pada tahun 1986 dengan nama gereja  St. Yakobus – Paroki Kelapa Gading.


Jumlah umat yang pada awal berdirinya paroki berkisar 5000 orang dimana sekarang berkembang pesat menjadi lebih dari 19.000 orang.

Pada tahun 2009 gereja St. Yakobus mengingat jumlah umat yang datang kegereja melebihi kapasitas ruangan, gereja lama di pugar .

Proses Pemugaran Gereja St. Yakobus

*

*

Saat ini Paroki memiliki tiga tempat ibadat, yaitu Gereja Santo Yakobus, Stasi Santo Andreas Kim Tae Gon dan Stasi Pegangsaan Dua.

Lokasi Gereja

Gereja Santo Yakobus

Jl. Pulo Bira Besar Kompleks TNI AL Kodamar

Kelapa Gading Barat- Jakarta 14240

Telp: 021-4501028

Fax: 021-45841432

Email: parokiyakobus@yahoo.com; parokisantoyakobus@yahoo.com;sekretariat@yakobus.or.id

Stasi Santo Andreas Kim Tae Gon

Jl. Puspa Gading Blok H2 No.1 Jakarta 14240

Stasi Pegangsaan Dua

Jl. Pegangsaan 2 KM 3.5 – Jakarta 14250

Jadwal Kerja Sekretariat Paroki:

Senin – Jumat 08.00 – 16.00

Sabtu – Minggu 08.00 – 13.30

Jadwal Kerja Bagian Pembuatan KK:

Senin – Jumat 08.00 – 16.00

Sabtu – Minggu 08.00 – 13.30

Selasa Tutup

Santo Yakobus

yang menjadi pelindung Paroki  adalah seorang Rasul, yang berasal dari Betsaida di Galilea. Ia seorang nelayan yang dipanggil Yesus bersama saudaranya, Yohanes. Kedua orang bersaudara anak Zebedeus ini sering disebut “anak-anak guntur” karena sifatnya yang keras dan semangatnya yang berapi-api.

Yesus amat menyukai mereka dan mengistimewakannya bersama Petrus, sehingga selalu diajak pada saat-saat penting di mana Yesus berada; misalnya yang tercatat dalam Kitab Suci :

– Saat Yesus menghidupkan kembali putri Yairus (Mat 9:18 -26) – Saat Yesus dimuliakan di Gunung Tabor (Mat 17:1 -13) dan – Pada waktu Yesus berdoa di taman Zaitun ( Mat 26 : 30)

Santo Yakobus, Rasul ini berbeda dengan Yakobus, penulis surat dalam Kitab suci yang ayat-ayatnya kita kenal: iman tanpa perbuatan adalah mati (Yak 2 : 26).

Santo Yakobus, Rasul akhirnya dibunuh pada tahun 42 atas Perintah raja Herodes Agripa. Dalam legendanya tertulis bahwa kuburannya ditemukan di Compostella, Spanyol. Rasul Yakobus sangat dihormati di Spanyol, yaitu di Santiago Compostella. Rasul Yakobus, pestanya, kita rayakan pada tanggal 25 Juli

Pastor yang melayani Paroki Yakobus

Pastor-pastor yang saat ini bertugas di Paroki St.Yakobus Kelapa Gading:




 
  1. Pastor. Antonius Gunardi Prayitna, MSF
  2. Pastor. Stanislaus Sutopanitro, Pr
  3. Pastor. Antonius Suyadi, Pr
  4. Pastor Thomas Ulun Ismoyo, Pr

Pastor kepala paroki saat ini adalah Pastor Antonius Gunardi Prayitna, MSF.

Pastor-pastor yang pernah menjabat sebagai Pastor Kepala Paroki St.Yakobus Kelapa Gading :

  1. Y. Wiyanto Harjopranoto,Pr (+)
  2. P. Ekosusanto, Pr
  3. A. S. Gunawan, Pr
  4. Jacobus Tarigan, Pr
  5. Aloysius Yus Noron, Pr

Visi dari Paroki adalah :

Lingkungan sebagai komunitas hidup beriman yang menggarami dan menerangi kehidupan bermasyarakat.

Misi

Membangun persaudaraan sejati sebagai saksi Kristus dalam hidup menggereja dilingkungannya; mewujudkan Kerajaan Allah yang membawa perdamaian, berkeadilan dan berpihak kepada kaum miskin yang tertindas; membangun solidaritas kepada mereka yang berkehendak baik dalam memperjuangkan hormat terhadap harkat dan martabat manusia, berkemanusiaan yang adil dan beradab.

Wilayah  di Paroki Yakobus :

Jumlah KK  per lingkungan per 4 Agustus 2013

jumlah KK di wilayah gereja  St. Yakobus

jumlah KK di wilayah Stasi   St. Andreas KTGjumlah KK di wilayah Pegangsaan duaInformasi lain dapat diakses di situs berikut :

 

Advertisements
%d bloggers like this: