Koperasi simpan pinjam Kasih Sejahtera

Pelayanan Koperasi:

Gereja: Sabtu – Minggu,  pukul: 09.00 s/d 13.00 ruang Maria, sebelah ruang PSE.

Stasi St. Andreas KTG:  Minggu pkl. 07.30 s/d 12.00 samping ruang BIA.

Stasi  Pegangsaan Dua: Minggu pkl. 07.30 s/d 12.00 ruang UUK lt. 1.

Sekolah Marie Joseph: Minggu pkl. 09.00 s/d 11.00


 

Bermula dari gagasan beberapa orang diantaranya Bp. Bernardus Darwinto, Ibu Gerda, Ibu Elisabet Natan, Ibu Yanti Indra untuk membentuk koperasi di paroki St. Yakobus maka didirikanlah Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera (KSPKS) pada tanggal 21 Desember 2005.

Pengurus periode 2009 – 2011

Adapun visi dari Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera adalah meningkatkan kesejahteraan anggota melalui pelayanan keuangan dan pendidikan berlandaskan cinta kasih.

Tahun ini Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera memasuki tahun ke tujuh, jumlah anggota Koperasi Kasih Sejahtera mencapai 415 orang, masih kecil dibandingkan dengan jumlah umat paroki St. Yakobus yang mencapai 20,000. Keanggotaaan koperasi terbuka untuk umum diluar paroki St. Yakobus asalkan ada rekomendasi dari umat paroki St. Yakobus ataupun dari anggota Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera.

Saat ini Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera berkantor di gedung pastoral Paroki St. Yakobus lantai 1 dengan jam operasional :

Sabtu  dan Minggu                      :  Jam 10.00  – 14.00

Di Stasi KTG setiap hari Minggu    :  Jam   9.00 – 11.00

Apakah keuntungan menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera?

Kegiatan utama dari Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera adalah menyimpan dan meminjam. Setiap anggota mempunyai kesempatan untuk meminjam uang pada Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera dengan ketentuan yang ditentukan pada Pola Kebijakan Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera.

Anggota akan mendapatkan bunga dari simpanan sukarela dan Sisa Hasil Usaha (SHU)/dividen dari simpanan wajib dan simpanan wajib kapitalisasi. Berbeda dengan bank pada umumnya, atas bunga simpanan sukarela tersebut tidak dipotong pajak bunga dan anggota juga tidak perlu membayar biaya administrasi tiap bulannya.

Seorang anggota KSPKS yang membuka usaha warung pecel lele disekitar La Piazza menceritakan pengalamannya bahwa sebelum menjadi anggota KSPKS dia meminjam dari rentenir dengan bunga 10% per bulan. Setelah menjadi anggota KSPKS, dia meminjam dengan bunga hanya 1% dan setelah itu dia rajin tiap minggu menyimpan di KSPKS.

KSPKS juga telah menjalin kerjasama dengan Yayasan Marie Joseph (YMJ) dan dengan fasilitas pinjaman dari KSPKS beberapa orang guru dapat memiliki computer yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugasnya, juga KSPKS memberikan pinjaman untuk renovasi rumah dan uang muka kredit pemilikan rumah.

Contoh diatas merupakan suatu sumbangsih koperasi untuk membantu kelompok usaha kecil disekitar gereja. Azas dari dari koperasi adalah dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota. Setiap anggota dididik untuk menyimpan terlebih dahulu sebelum meminjam uang.

Mengapa umat gereja St. Yakobus belum banyak yang berminat menjadi anggota koperasi? Mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat dari koperasi. Bagi umat yang sudah berkecukupan beranggapan buat apa menyimpan di koperasi, bukankah saya sudah mempunyai beberapa bank account? Sebenarnya dengan menjadi anggota koperasi, umat yang mampu dapat membantu umat lain yang membutuhkan tetapi uangnya tidak berkurang, justru mendapatkan bunga dan dividen setiap tahun. Dengan menyimpan, katakanlah sebesar Rp 100,000.- per bulan jika terkumpul dari 1000 anggota, maka akan terkumpul dana Rp 100,000,000.- yang dapat dimanfaatkan bagi anggota lain yang membutuhkan.

Umat yang ingin menjadi anggota Koperasi Kasih Sejahtera dapat datang langsung ke kantor Koperasi yang terletak dilantai dasar Gedung Pastoral St. Yakobus di ruang dekat klinik atau sebelah ruang PSE setiap hari Sabtu jam 10.00 – 13.00 atau Minggu jam 10,00 – 14.00.

Jika umat ingin mendapat informasi dapat menghubungi sbb :

Sekretariat Koperasi Simpan Pinjam Kasih Sejahtera : Telp 02185349370 dan 087883752005.

Pada Rapat Anggota Tahunan ke enam yang diselenggarakan pada tanggal 25 Maret 2012 yang lalu telah dilakukan pemilihan pengurus yang baru untuk periode tahun 2012 – 2014 dengan susunan pengurus dan pengawas sbb :

Susunan Pengurus dan Pengawas periode 2012 – 2014 sbb :

PENGURUS

 

Ketua                                   : MT. Tanty Indrawati Tanzil

Wakil Ketua 1                    : Michelle Jantisari Tjahjadi

Wakil Ketua 2                    : Bernardus Darwinto

Sekretaris  1                      : Sylvia Sulistio

Sekretaris  2                      : Loan Tanniadi

Bendahara 1                      : L. Pollyhardy B.

Bendahara 2                      : Theresia Muliana

 

KOMISI PENDIDIKAN & PENGEMBANGAN

Ketua                                : Yanti Yusma

Anggota                            :  Ig.Triyono

Widaryanto Ari Nugroho

KOMISI KREDIT

Ketua                               :  F.X . Alyar Winataatmadja

Anggota                            :

Benny Purnomo

Albert Lunardi

Marshall

Eddy Tjahjadi

Janawati

Johannes Paulus Winantea

Susy Gunawan

SUSUNAN KOMISI PENGAWAS PERIODE 2012-2014

Ketua                                         : J.M.Kirta Hirawan

Anggota                                      :

Martha Maria Gerda Adimulya

Elisabet Nathan

Anastasia Widayati

J.D. Rudyanto

Semoga semakin banyak umat Paroki St. Yakobus menyadari manfaat koperasi dan bergabung menjadi anggota yang aktif untuk mewujudkan iman secara nyata dalam pelayanan kasih kepada kelompok usaha kecil dan umat lain yang membutuhkan dana.

*****


%d bloggers like this: