Ziarek Lingkungan Clara 1 ke 7 Gua Maria di Jakarta dan Tangerang

Setelah mengadakan ziarek ke 9 Gua Maria di Jakarta dan Bogor pada bulan Mei yang lalu, kembali Lingkungan Clara 1 melakukan ziarek pada tanggal 15 oktober 2013..kali ini ke 7 Gua Maria di Jakarta dan Tangerang.
Ziarek kali ini diikuti oleh 44 peserta, di antaranya ada Pastor Joseph Rure, Svd yang kebetulan sedang berada di Jakarta dan juga 3 orang suster KFS ikut barpartisipasi.

Tepat pk. 08.00, bus yang mengangkut peserta ziarek berangkat..pertama sekali menuju Gua Maria di Stasi Kim Tae Gon. Setelah berdoa rosario di sana, kemudian dilanjutkan ke Gua Maria Sekolah Don Bosco dan Gua Maria gereja St. Yakobus, sebelummya peserta sarapan nasi kuning di dalam bus. Suasana di gereja St. Yakobus ramai sekali karena bertepatan dengan diselenggarakannya Festival Koor OMK se KAJ. Kami di sini harus menunggu dahulu untuk melakukan doa rosario karena ternyata sudah di dahului oleh umat dari paroki lain yang juga sedang berdoa rosario di gua Maria.

Sekitar pk. 10.30 bus kemudian bergerak ke arah Tangerang melalui jalan tol. Karena waktu perjalanan agak lama, acara di bus diisi dengan menyanyikan lagu-lagu pujian dan juga Pastor Joseph Rure, Svd memberikan renungan kepada peserta. Di Tangerang, gua Maria yang kami kunjungi pertama kali adalah di Paroki St. Agustinus, Karawaci yang bersebelahan dengan Sekolah Strada. Ada kejadian lucu di sini..pada waktu kami tiba, kami tidak menemukan satu orang petugas pun di sana sehingga kami harus mencari-cari sendiri letak gua Marianya. Paroki ini termasuk salah satu paroki besar di KAJ dengan jumlah umat sekitar 14 ribu, tetapi gerejanya termasuk kecil..kira-kira seukuran stasi Pegangsaan Dua. Mereka sedang merencanakan untuk membangun gedung gereja yang baru yang sesuai dengan kebutuhan umat mereka.

Dari Paroki St. Agustinus kemudian kami menuju gua Maria yang kelima di Paroki St. Helena di Lippo Karawaci. Gereja ini sangat besar dan juga cukup teduh dan nyaman. Mulai dari gua Maria di St. Helena ini, doa rosario kami memakai teks Doa Rosario Ibu Bumi yang dikeluarkan oleh KAJ. Selanjutnya kami menuju gua Maria yang keenam di Stasi Laurensius Alam Sutra. Karena saat itu sudah hampir pukul 14.00 dan umatpun sudah banyak yang kelaparan maka segera dibagikan nasi box dan kami makan siang di bus.

Sekitar pukul 15.30 kami segera menuju ke gua Maria yang ketujuh, yaitu gua Maria di Paroki St.. Monika Serpong yang letaknya bersebelahan dengan sekolah St. Ursula. Selesai berdoa rosario yang ke tujuh di sana, kemudian kami segera kembali menuju Kelapa Gading untuk melanjutkan acara ramah tamah pengurus dan umat Clara 1 di restoran Golden Leaf. Di bus diisi dengan mendaraskan doa rosario yang ke delapan.

Acara di restoran diisi dengan ramah tamah dan pemberian kenang-kenangan dari umat Clara 1 kepada bapak S. Alexander, ex Kaling Clara 1 Periode 2007-2010 dan 2010-2013. Bapak Alexander pun memberikan kenang-kenangan kepada ex pengurus Lingkungan selama kepemimpinan beliau. Ada sedikit kejutan untuk peserta ziarek, bapak Yoannes Sentono Setiawan, yang juga prodiakon yang kebetulan berulang tahun pada hari itu. Semua peserta menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun untuk beliau.

Pukul 20.30 bus mengantar peserta ziarek kembali ke rumah untuk berkumpul kembali dengan keluarga masing-masing. Selesailah acara Ziarek ke 7 Gua di Jakarta dan Tangerang, semoga acara ziarek ini membawa umat Clara 1 menjadi semakin bersaudara dan semakin bersatu dalam pelayanan kasih.

Tonni Muliawan (Clara 1)

Advertisements
%d bloggers like this: