Renungan Harian 10 Oktober 2013-“Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Kamis, 10 Oktober 2013
Pekan Biasa XXVII (H)
St. Daniel, dkk; St. Thomas dr Villanova;
St. Gregorius Penerang; St. Paulinus dr York
Bacaan I: Mal. 3:13–20a
Mazmur: 1:1–2, 3, 4, 6 R:40:5a
Bacaan Injil: Luk. 11:5–13

Lalu kata-Nya kepada mereka: ”Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Renungan
Kita mempunyai Allah yang dekat, bahkan kita menyebut Allah sebagai Bapa. Sebagai Bapa, Allah sangat tahu apa yang terbaik bagi anak-anak-Nya. Allah Bapa Mahabijaksana, maka ketika anak-anak-Nya datang kepada-Nya, Dia mengarahkan anak-anak-Nya untuk menjadi bijaksana dan bahagia. Allah membawa kita pada kehidupan yang penuh damai.

Persoalannya adalah apakah kita percaya akan kuasa dan kebijaksanaan Allah? Sering kali kita masih ragu untuk datang dan memohon kepada Allah. Kadang kita masih lebih percaya kepada manusia atau kepercayaan lain, daripada kepada Allah. Mengapa kita masih ragu? Kita ragu karena takut dan kecewa jika permohonan kita ditolak Allah. Jika berpikir demikian maka sebenarnya kita belum sungguh percaya bahwa Allah Bapa akan memberikan yang terbaik untuk hidup kita. Allah tidak akan menjerumuskan kita masuk dalam bahaya dosa, tetapi Allah menghantar kita pada keselamatan. Jika karena kelemahan kita meminta sesuatu yang bisa merugikan hidup dan keselamatan kita, Allah Bapa akan memberikan sesuatu yang lain, yaitu Roh Kudus yang akan membuat kita menjadi bijaksana.

Doa: Allah Bapa Yang Maha bijaksana, tuntunlah aku untuk selalu mencari dan me lak sana kan kehendak-Mu. Aku percaya bahwa Engkau akan memberikan yang terbaik bagi hidupku. Amin. Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: