Renungan harian 6 Oktober 2013-“Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan.”

Minggu, 6 Oktober 2013
Biasa XXVII
Hab. 1:2-3; 2:2-4;
Mzm. 95:1-2,6-7,8-9;
2Tim. 1:6-8,13-14;
Luk. 17:5-10

Lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan: “Tambahkanlah iman kami!”
Jawab Tuhan: “Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu.”
“Siapa di antara kamu yang mempunyai seorang hamba yang membajak atau menggembalakan ternak baginya, akan berkata kepada hamba itu, setelah ia pulang dari ladang: Mari segera makan!
Bukankah sebaliknya ia akan berkata kepada hamba itu: Sediakanlah makananku. Ikatlah pinggangmu dan layanilah aku sampai selesai aku makan dan minum. Dan sesudah itu engkau boleh makan dan minum.
Adakah ia berterima kasih kepada hamba itu, karena hamba itu telah melakukan apa yang ditugaskan kepadanya?
Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan.”

Renungan
Sikap hamba yang penuh kesetiaan dalam pelayanan ditunjukkan dengan tidak mengharapkan ucapan terima kasih. Tetapi dengan berkata, ” kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna, kami hanya melakukan apa yang harus kami lakukan.” Dengan itu Tuhan Yesus mengkritik orang-orang Yahudi yang merasa yakin sudah memiliki iman karena menjalankan peraturan-peraturan hukum Taurat dan merasa sudah selayaknya mendapat gamjaran dan pujian. Dengan itu , Yesus mengajak para rasul dan para pengikutnya di jaman sekarang , agar memiliki kerendahan hati dengan tetap mau melayani dan mentaati Tuhan dengan sepenuh hati.
Doa: Tuhan semoga aku tetap berusaha melayani Engkau dan keluarga Allah dengan penuh kesetiaan. Dengan demikian Kami semakin Engkau anugrahi iman , semakin Engkau per erat persaudaraan kami, semakin Engkau per erat bela rasa kami kepada mereka yang membutuhkan. Demi Kristus Tuhan Kami.. Amin. sumber; Renungan harian Bulan Rosario dalm konteks Hari Pangan Sedunia. 2013.

Advertisements
%d bloggers like this: