Pelantikan Prodiakon /nes Periode 2013 – 2016

Misa hari Minggu tanggal 29 September 2013 pukul 17:30 di Gereja Santo Yakobus tidak seperti biasanya, dipenghujung Misa diadakan acara pelantikan Prodiakon / nes Paroki St Yakobus untuk periode tahun 2013 – 2016 oleh Romo Antonius Gunardi MSF yang juga adalah Romo Moderator Prodiakon / nes.

Didalam homilinya Romo Anton menggaris bawahi tugas dan tanggung jawab Prodiakon / nes yaitu membantu Pastor paroki, antara lain menerimakan Komuni Suci dalam Perayaan Ekaristi atau kepada orang sakit dan jompo, memimpin Ibadat Sabda dan memimpin Upacara Pemakaman. Hal ini juga tertuang dalam Surat Pengangkatan / Pengangkatan Kembali, No : 392 /3.16.33. / 2013 tertanggal 17 September 2013 yang ditanda tangani oleh Mgr Ignasius Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta, dibacakan untuk mengawali proses pelantikan.

Setelah pembacaan Surat Pengangkatan tersebut dilanjutkan dengan pengalungan Samir yang sudah diberkati sebelumnya, dengan demikian mereka secara resmi mengemban tugas sebagai Pengurus dan Anggota Prodiakon / nes Paroki St Yakobus, selama 3 tahun terhitung mulai tanggal 30 September 2013.

Susunan Pengurus Prodiakon periode 2013 – 2016 sebagai berikut :

Moderator : Romo Antonius Gunardi MSF

Penasehat :

Alaysius Joseph Maria Sandjaja

Antonius Harsono

Koordinator: Paulus Benecdictus Ivan Prabowo S

Wakil : Yohanes Sukandar

Sekretaris: Yohanes Yamin

Christophorus Sulistyono

Bendahara : Maria Machdalena Intan

Seksi Liturgi: Fransiscus Atin

Seksi Perlengkapan & Dokumentasi :

Simon Petrus Tekky Budianto

Seksi Komunikasi Internal :

Petrus Hermanto Limas

Agustinus Hermanto Karma

Seksi Kreatif : Chaterine Djaja Kusli

Seksi Gereja : Petrus Soegiarto Soekijan

Seksi Stasi P2: Christianus Isman Phanoto

Seksi KTG: Josef Johanes Jose Risanto

Prodiakon dan Prodiakones memiliki motto 3 S ( Sigap, Setia dan Sukacita ) mempunyai anggota sebanyak 127 orang, Tetapi jumlah sebanyak ini masih dirasa kurang, mengingat besarnya jumlah umat dan luas area yang harus dilayani di Paroki St. Yakobus. Terutama Kebutuhan Prodiakon yang bertugas disaat bersamaan seperti pada hari raya besar seperti Tri Hari Suci, Natal dan lainnya. Sebagai contoh, pada Misa Tri Hari Suci, pada Misa 1 Gereja St Yakobus saja memerlukan 44 orang Prodiakon, sedang Misa 2 diperlukan 24 orang belum lagi untuk Stasi P2 dan KTG.

Dan untuk Misa rutin Sabtu – Minggu kebutuhan petugas Prodiakon adalah sebagai berikut:

St Yakobus : minimal 9 Orang ( Misa jam 06:00 ) dan maximal 21 orang ( Misa jam 10:30 ) St KTG : minimal 8 orang (Misa jam 06:30) dan maximal 12 orang (jam 09:00) Stasi P 2 minimal 6 orang (Misa jam 07.30) dan maximal 8 orang ( Misa jam 09.30).

Kaderisasi Prodiakon dinilai cukup berhasil, hal ini terlihat dari susunan pengurus dari angkatan muda bahkan Koordinator Prodiakon adalah anggota termuda, demikian juga kombinasi usia anggota Prodiakon yang sangat bervariasi, sebagai informasi :

Prodiakon Tertua adalah Bpk. Felix Herdian Brasali, lahir di Semarang, 26 Juli 1938, berasal dari Lingkungan Bernardus 4, Prodiakones tertua adalah Ibu Maria Fransisca Els Tirta, lahir di Semarang, 17 Mei 1943, berasal dari Lingkungan Bernardus 5, Prodiakon termuda adalah Bpk. Paulus Benedictus Ivan Prabowo Salim, lahir di Surabaya,31 Desember 1970, berasal dari Lingkungan Maria 3.

Prodiakones termuda adalah Ibu Maria Machdalena Intan, lahir di Bukittinggi, 25 April 1965, berasal dari Lingkungan Maria 1.

Untuk menjadi Prodiakon / nes, disamping mau melayani tentu ada beberapa persyaratan diantaranya adalah Memiliki nama baik sebagai pribadi maupun keluarga, diterima oleh umat ber-iman, dan penampilan yang layak.

Apakah anda merasa memiliki syarat tersebut? Merasa terpanggil menjadi Prodiakon / nes? Bila jawabannya : YA !!! Segera diskusikan dengan Ketua Lingkungan anda sekarang juga !!!

Umat melalui Ketua Lingkungan anda-lah yang bisa mengusulkan anda untuk menjadi anggota Prodiakon / nes.

Selamat atas pelantikan Pengurus dan Anggota Prodiakon / nes periode 2013 -2016 , PRODIAKON / NES MELAYANI DENGAN SIGAP, SETIA DAN SUKACITA…….

iI

Nara sumber : PB Ivan Prabowo S

By : oentps

Photo : Ellin & Oentung (YPC)

Advertisements
%d bloggers like this: