Renungan harian 7 September 2013-“Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”

Sabtu, 7 September 2013
Bacaan :
Kol. 1:21-23;
Mzm. 54:3-4,6,8;
Luk. 6:1-5

Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya.

Tetapi beberapa orang Farisi berkata: “Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?”

Lalu Yesus menjawab mereka: “Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,

bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?”

Kata Yesus lagi kepada mereka: “Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”

Renungan
Untuk membangun kehidupan bersama yang baik, kita memerlukan hukum dan peraturan.

Hukum dan aturan akan menciptakan suatu kepastian. Kepastian tentang mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh—dengan segala sangsinya . Untuk menegakkan kebenaran dan keadilan , dibutuhkan hukum dan aturan.

Sebagai murid Yesus kita diajak untuk taat hukum , tetapi tetap bersikap kritis dan bertindak bijak dalam menjalankannya . Sebab tidak sedikit hukum dan peraturan yang ada dalam masyarakat yang memasung perkembangan hidup manusia.. Mengapa Yesus melanggar hukum Sabat ? Karena hukum yang ada tidak lagi mengutamakan hidup manusia.

Bagi Yesus , keselamatan manusia yang diprioritaskan. Kuasa Yesus mengatasi segala hukum dan aturan manusia . maka dengan tegas Yesus berkata : “Anak manusia adalah Tuhan atas hari Sabat .”

Kita memerlukan Tuhan melebihi hukum dan aturan. Yang menjamin keselamatan hidup kita bukanlah hukum dan peraturan, melainkan iman akan Yesus Kristus. Dalan hidup Yesus , kita menemukan Allah yang sungguh mengasihi kita . Tanpa Dia , kita tidak akan menemukan kasih yang sejati.

Yah Tuhan , melalui Putra-Mu , Yesus , kasih- Mu kepadaku menjadi nyata dia mengasihi ku melampaui segala hukum dan aturan . Amin.

Advertisements
%d bloggers like this: