Renungan harian 9 Agustus 2013-”Setiap orang yang mau meng ikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.”

Jumat, 9 Agustus 2013
Pekan Biasa XVIII (H)
St. Oswaldus; Sta. Teresia Benedikta dr Salib

Bacaan I: Ul. 4:32–40
Mazmur: 77:12–16.21; R:12a
Bacaan Injil: Mat. 16:24–28

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: ”Setiap orang yang mau meng ikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya.”

Renungan

Suatu kali santa Teresia dari Avila yang sering memperoleh pengalaman mistik mengeluh pada Yesus. ”Tuhan, mengapa saya sering mendapat tantangan dan menderita padahal saya setia mengikuti Sabda-Mu”. Yesus menjawab: ”Teresia, begitulah cara Saya memperlakukan orang-orang yang mau mengikuti Saya.” Serta-merta Teresia menimpali: ”Tuhan, pantas Engkau memiliki cuma sedikit pengikut.”

Dalam Injil hari ini, Yesus mengemukakan tiga syarat untuk bisa menjadi sahabat-Nya. Pertama, menyangkal diri. Penyangkalan diri berarti menahan diri dari sesuatu yang menyenangkan demi kepentingan yang lebih besar. Tetapi, menyangkal diri juga berarti setiap saat mengatakan ‘tidak’ untuk diri sendiri dan ‘ya’ untuk Tuhan. Kedua, memikul salib, yakni rela berkorban demi kepentingan Yesus dan Kerajaan-Nya. Ketiga, mengikuti Yesus yang berarti menyerahkan diri kepada Yesus dalam ketaatan yang sempurna. Seorang pengikut Yesus harus selalu mengikuti jejak Kristus, Sang Guru.

Doa: Tuhan, kuatkanlah aku agar aku sanggup mengikuti-Mu dengan rela menyangkal diri dan setia memikul salibku setiap hari. Amin. Sumber : Ziarah Batin 2013
***

