Renungan harian 1 Agustus 2013- “pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api”

Kamis, 1 Agustus 2013
Pekan Biasa XVII
Pw St. Alfonsus Maria de Liguori, UskPujG. (P)
Bacaan I : Kel. 40:16–21.34–38
Mazmur : 84:3–6a.8a.11; R:2
Bacaan Injil : Mat. 13:47–53

”Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan ber bagai-bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itu pun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang. Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. Mengertikah kamu semuanya itu?” Mereka menjawab: ”Ya, kami mengerti.” Maka berkatalah Yesus kepada mereka: ”Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya.” Setelah Yesus selesai menceriterakan perumpamaan-perumpamaan itu, Ia pun pergi dari situ.

Renungan
Pada suatu hari, seorang ibu tua bertanya kepada pastor paroki yang sedang berkunjung: ”Pastor, Mengapa Tuhan sering kali mengirimkan bencana ke atas bumi ini?” Pastor itu menjawab: ”Yah…. Tuhan mengirimkan bencana ke atas bumi karena terlalu banyak orang jahat” Tetapi ibu tua yang tidak kalah gesit itu bertanya lagi: ”Tetapi, mengapa orang-orang baik juga mati bersama-sama orang-orang jahat itu?” Pastor yang tidak hilang akal itu kembali menjawab: ”Orang-orang yang baik itu dipanggil Tuhan supaya mereka bisa menjadi saksi dalam pengadilan orang-orang jahat itu.”
Terlepas dari benar-tidaknya jawaban pastor tersebut, cerita itu mengandung pesan tentang nasib orang-orang jahat. Perumpamaan yang diceritakan Yesus dalam Injil hari ini mengandung pesan yang kuat bahwa Tuhan adalah Hakim yang adil. Dia membiarkan orang-orang jahat dan orang-orang baik hidup bersama. Tetapi pada waktunya, Allah akan menunjukkan keadilan-Nya. Orang yang baik akan mendapat ganjaran, sedangkan orang jahat akan dihukum.
Tuhan, bantulah aku agar tidak berkecil hati sekalipun hidupku tidak lebih baik dari orang-orang yang tidak mengindahkan perintah-perintah-Mu. Amin. Sumber: Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: