Renungan harian 31 Juli 2013 -Yesus mengingatkan kita bahwa hal penting yang perlu dicari dan didapatkan adalah Kerajaan Surga

Renungan Ziarah Batin 2013 (2)
Rabu, 31 Juli 2013
Pekan Biasa XVII
Pw. St. Ignatius Loyola (P)
St. Germanus; St. Yohanes Collumbini
Bacaan I: Kel. 34:29–35
Mazmur: 99:5–7.9; R:9c
Bacaan Injil: Mat. 13:44–46

”Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipen damkan nya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu. Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, ia pun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”

Renungan
Dalam kehidupan sehari-hari, kita dihadapkan pada banyak pilihan untuk diperjuangkan dan dimiliki. Kita harus tepat menentukan skala prioritas dan memilih dari sekian banyak tawaran yang ada. Skala prioritas dan pilihan yang tepat dijadikan sebagai arah atau orientasi dalam perjalanan hidup sehari-hari. Kita tidak ingin terjebak dalam kehidupan yang tanpa arah dan tujuan. Sebaliknya, kita menjalani kehidupan dengan kesadaran yang mendalam apa yang ingin kita cari dan dapatkan. Sebagai umat beriman Kristiani, kita ingin menapaki peziarahan di dunia ini dengan tujuan dan harapan yang jelas dan bukan pengembaraan tanpa arah.

Melalui perumpamaan dalam perikop Injil hari ini, Yesus mengingatkan kita bahwa hal penting yang perlu dicari dan didapatkan adalah Kerajaan Surga. Kerajaan Surga atau keselamatan harus diletakkan diatas segala-galanya. Dengan kata lain, segala yang kita miliki harap menjadi sarana untuk menghantar kita menuju keselamatan. Kalau harus mengorbankan atau menjual apa yang kita miliki demi Kerajaan Surga, kita lakukan itu dengan rela dan penuh sukacita.

Doa: Ya Allah, Engkau sumber dan tujuan hidupku. Aku mohon bimbinglah aku selalu dengan Roh Kudus-Mu agar tidak terjebak dalam tawaran duniawi sehingga aku tetap setia dan penuh harap memperoleh Kerajaan Surga yang telah Kaujanjikan kepadaku. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: