Renungan harian 12 Juli 2013 – “Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.”

Renungan Ziarah Batin 2013 (2)
Jumat, 12 Juli 2013
Pekan Biasa XIV (H)
St. Yohanes Gualbertus; St. Feodor dan Joan;
St. Nabor dan Felix; St. Uguzo atau Lusio
Bacaan I: Kej. 46:1–7.28–30
Mazmur: 37:3–4.18–19.27–28.39–40; R:39a
Bacaan Injil: Mat. 10:16–23

”Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.”

Renungan
Dalam bacaan I diceritakan bahwa Allah sendiri yang menuntun Yakub ke Mesir dan berjumpa dengan Yusuf anaknya. Di Gosyen sebagaimana telah direncanakan oleh Allah, Yusuf menemui ayahnya. Perjumpaan yang amat menakjubkan dan mengharukan antara ayah dan anaknya yang sudah lama sekali tidak bersua muka. Yakub rela untuk mati setelah bisa berjumpa dengan anaknya. Kebaikan Allah tampak dalam rencana-Nya yang begitu indah dan datang pada waktunya. Kisah ini meneguhkan kita akan Allah yang setia menemani dan membantu dalam kehidupan umat-Nya.

Dalam Injil hari ini, dikisahkan Yesus mengutus para murid-murid-Nya dalam sebuah tugas yang tidak ringan, seperti domba ke tengah-tengah serigala. Yesus memberikan nasihat dan kiat kepada para murid dalam menjalankan tugas dan perutusannya, yakni cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Bukan hanya pesan yang diberikan Yesus kepada murid-Nya melainkan juga janji untuk menyertai mereka dengan Roh Kudus dan Roh Kuduslah yang akan memimpin dan mendampingi para murid dalam setiap langkah dan persoalan yang dihadapinya. Kita haruslah yakin bahwa janji penyertaan Tuhan dengan Roh Kudus-Nya kepada para murid waktu itu, juga janji yang disampaikan Tuhan kepada kita untuk saat ini. Marilah kita senantiasa membuka hati bagi penyertaan Roh Kudus yang akan senantiasa menuntun dan membimbing kita.

Doa: Ya Allah, aku senantiasa bersyukur atas kesetiaan-Mu dalam membimbing dan menyertaiku dalam kehidupan ini. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: