Renungan harian 2 Juli 2013 – Yesus menolong dan menyelamatkan para murid menghadapi bahaya angit ribut yang menerpa perahu mereka.

Selasa, 2 Juli 2013
Pekan Biasa XIII (H)
St. Bernardinus Realino; St. Fransiskus di Girolamo; St. Yohanes Fransiskus Regis Bacaan I : Kej. 19:15–29
Mazmur : 26:2–3.9–10.11–12; R:3a
Bacaan Injil : Mat. 8:23–27

Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nya pun mengikuti-Nya. Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: ”Tuhan, tolonglah, kita binasa.” Ia berkata kepada mereka: ”Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?” Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. Dan heranlah orang-orang itu, katanya: ”Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?”

Renungan
Perahu yang ditumpangi yesus bisa menjadi analogi kehidupan kita. Di di tengah perjalanan perahu hi dup kita dihadang angin ribut yang amat menakutkan dan membahayakan. Kita panik dan takut. Kita berupaya keras mencari pertolongan agar selamat dari marabahaya yang dihadapi.
Kita selalu berharap dan berdoa agar kehendak Allah terjadi dalam hidup kita dalam wujud kesuksesan dan kebahagiaan. Namun, harapan itu tidak terwujud karena keterbatasan diri sebagai manusia dan karena kita hidup di tengah masyarakat dengan macam-macam persoalan. yang ada. Bahkan, kadang-kadang kita mengalami tantangan yang berat dan arus hambatan kehidupan yang begitu deras. Apabila mengalami peristiwa hidup demikian, kita harus menaruh harapan pada pertolongan Tuhan Yesus. Sebab, kita yakin dan percaya Tuhan tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita pada saat cobaan berat datang melampaui kekuatan kita. Pada saat yang tepat, menurut-Nya, kita akan ditolong seperti Dia menolong dan menyelamatkan para murid menghadapi bahaya angit ribut yang menerpa perahunya. Tuhan akan menuntun dan membimbing kita seperti menuntun dan membimbing Lot dari ancaman kebinasaan yang melanda Sodom dan Gomora.
Ya Allah mampukan aku untuk setia dan percaya akan pertolongan-Mu di saat aku menghadapi badai kehidupan. Amin. Sumber: Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: