Renungan harian 29 Juni 2013-“Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga.”

Sabtu, 29 Juni 2013
HARI RAYA St. Petrus dan St. Paulus, Rasul (M)

Bacaan I : Kis. 12:1-11
Mazmur : 34:2–3.4–5.6–7.8-9; R: 5
Bacaan II : 2Tim. 4:6–8.17–18
Bacaan Injil : Mat. 16:13–19

Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: ”Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” Jawab mereka: ”Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.” Lalu Yesus bertanya kepada mereka: ”Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: ”Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya: ”Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di surga. Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di surga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di surga.”

Renungan

Percaya karena sudah mengenal. Hal ini memang wajar kita temui di dalam kehidupan kita. Kita dapat mempercayai seseorang karena sudah mengenalnya. Kita mengetahui pribadi seseorang tentang kebaikan dan keburukannya, dan itulah yang menjadi modal untuk percaya. Ketika kita mengenal dan mempercayai maka dengan mudah berbagi cerita dengan orang itu. Pada saat membutuhkan bantuan berkaitan dengan tugas penting, sering di antara kita menugaskan seseorang untuk menjalankan atau mengerjakan pekerjaan kita. Hal ini wajar saja kita lakukan karena berdasarkan kepercayaan. Biasanya semakin mengenal seseorang, kita semakin mempercayainya.

Hari ini adalah Pesta St. Petrus dan St. Paulus. Yesus mempercayakan kunci Kerajaan Surga kepada Petrus yang telah mengenal diri-Nya sebagai Mesias dan Juru Selamat. Pengakuan dan pengungkapan iman Petrus memberi kita teladan untuk selalu meyakini dan percaya kepada Yesus. Demikian juga dengan Paulus sebagai Rasul yang gigih mewartakan kabar gembira kepada semua bangsa. Sebagai pengikut Kristus, kita sebaiknya mengenal lebih mendalam dan yakin seperti Petrus dan Paulus. Kita dapat mengenal secara lebih mendalam melalui doa, bacaan-bacaan rohani, devosi dan merayakan Ekaristi sebagai pengungkapan cinta kita kepada-Nya. Kita pun beroleh rahmat dan karunia yang melimpah dari Bapa melalui perantaraan Yesus.

Doa: Tuhan Yesus, terima kasih atas teladan St. Petrus dan St. Paulus yang telah mengenal Engkau secara mendalam. Teladan merekalah yang menjadi pelita bagiku untuk semakin mengenal dan percaya kepada-Mu sebagai Mesias yang Hidup, Anak Allah. Amin. Sumber: Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: