Runungan Harian, Jumat 21 Juni 2013. “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya”

Jumat, 21 Juni 2013
Hari Biasa XI (P)
Pw St. Aloysius Gonzaga, Biarw

 

2Kor. 11:18,21b-30;
Mzm. 34:2-3,4-5,6-7;
Mat. 6:19-23

Bacaan Injil: Mat. 6:19-23

“Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.”

Renungan 

Hari ini, Injil menegaskan kepada kita bahwa menjadi kaya tidaklah dilarang. Kekayaan sering kali membantu kita menjadi lebi baik, tetapi hendaklah segala kekayaan hasil jerih payah, hasil dari kemampuan kita mengumpulkan, hasil dari kreativitas, hasil dari perjuangan, tetap dibagikan pada sesama, bukan untuk kenikmatan diri sendiri. Sebab, banyak orang yang tidak bisa berjuang keras, tidak mempunyai kreativitas, tidak mampu berbuat lebih, tertindas, dikucilkan, dan sangat menderita.

Orang kaya sebaiknya tetap kaya hati, tidak terlekat pada materi, berbuat baik tanpa kemunafikan, tidak sombong dan megah diri, tetap rendah hati bagi sesama. Sebab hidup adalah saling menyelamatkan. Banyak hal yang didapat dari dunia tidaklah bisa dibawa mati. Jika dimana hartamu berada, disitulah hatimu berada, hal itu membahayakan bagi diri sendiri dan juga sesama. Sebab, harta bisa membuat lupa diri, terjebak karena mentuhankan harta.  Tidak mungkin seseorang mengabdi pada dua Tuan. Sabda hari ini adalah terang bagi kita supaya mampu melihat secara jelas bahwa kegelapan itu membawa penderitaan.

Doa: Ya Bapa, buatlah aku semakin bijak dalam menggunakan fasilitas yang mendukung segala usahaku untuk berkarya bagi sesamaku. Amin.

Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: