Renungan harian 17 Juni 2013 -“Jangan lah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.”

Senin, 17 Juni 2013
Pekan Biasa XI (H)
St. Gregorius Barbarigo

 

2Kor. 6: 1-10;
Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4;
Mat. 5:38-42

Bacaan Injil : Mat. 5:38–42

”Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Jangan lah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.”

Renungan

Hari ini dalam sabdanya Yesus memberikan penegasan akan totalitas kita bagi kehidupan di dunia. Banyak hal yang mesti kita perbaiki, kita daur ulang misi dan visi kita menjadi lebih baik. Perjalanan hidup ini masih panjang, masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri. Dengan terang iman, kita bukan ditantang untuk membalikkan keadaan dari kalah menjadi menang, misalnya jika kita ditampar, maka kita membalas dengan menampar. Tetapi, kita benar-benar diajak untuk berubah secara menyeluruh dalam memahami ajaran Kristus dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Terang cinta kasih Yesus ini menjadi pelita bagi kita dalam menyikapi perihal kehidupan yang masih membutuhkan keberanian untuk mengubah keadaan. Mengubah paradigma dengan perbuatan, perkataan, dan pikiran kita, yang berguna bagi banyak orang. Jika kita ditampar dan memberikan pipi yang lain bukan berarti kita kalah, tapi cinta kasih yang total akan mengalahkan para penampar itu.
Yesus, terang-Mu menuntunku untuk berbuat kasih. Terangilah aku di jalan pang gilan ini agar aku semua mampu menjadi terang bagi sesama sehingga dari diriku per buatan itu menjadi nyata. Amin. Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: