Renungan harian 16 juni 2013 -“Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.”

Minggu, 16 Juni 2013
Pekan Biasa Xi
Sta. Yulita dan St. Cyriacus; Sta. Lutgardis;
St. Yohanes Fransiskus Regis; B. Anicetus Koplin
Bacaan I : 2Sam. 12:7–10.13
Mazmur : 32:1–2.5.7.11; R: 5c
Bacaan II : Gal. 2:16.19–27
Bacaan Injil : Luk. 7:36–8:3 (Luk. 7:36–50)

Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan. Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi. Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu. Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: ”Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa.” Lalu Yesus berkata kepadanya: ”Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu.” Sahut Simon: ”Katakanlah, Guru.” ”Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh. Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?” Jawab Simon: ”Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya.” Kata Yesus kepadanya: ”Betul pendapatmu itu.” Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: ”Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya. Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku. Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi. Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.” Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: ” Dosamu telah diampuni.” (Bacaan selengkapnya lihat Alkitab….)

Renungan
Keyakinan merupakan daya yang mendorong seseorang untuk melakukan yang terbaik. Apalagi didasari oleh kasih. Perempuan yang dipandang hina karena segala dosanya, menunjukkan kualitas pengorbanan yang luar biasa. Dengan kesederhanaan dan ketidakpunyaannya, ia melakukan perbuatan kasih apa adanya; perempuan itu membasahi kaki Yesus dan menyekanya dengan rambut. Bagi kita hal itu adalah aneh dan terlalu didramatisir, tetapi apa yang menurut manusia tidak masuk akal, bagi Allah adalah mungkin. Pengorbanan yang dilakukan oleh pe rempuan berdosa adalah menyeka dengan air mata, hanya itu yang dia punyai, tidak ada yang lain. Tetapi pegorbanan berdasarkan keyakinan akan menyelamatkannya. Yesus pun menegaskan, siapa yang melakukan banyak perbuatan kasih dosanya diampuni. Lalu bagaimana dengan kita?
Ya Bapa, curahkanlah terang cinta-Mu kepadaku agar apa yang aku lakukan adalah perbuatan kasih di dalam nama-Mu. Amin.

Advertisements
%d bloggers like this: