Renungan harian 15 Juni 2013 -“Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. “

Sabtu, 15 Juni 2013
Pekan Biasa X
St. Vitus; St. Modestus; Sta. Kresensia; Sta. Paola Gambara Costa; Sta. Germana Cousin

Bacaan I : 2Kor. 5:14–21
Mazmur : 103:1–2.3–4.8–9.11–12; R:8a
Bacaan Injil : Mat. 5:33–37

”Kamu telah mendengar pula yang difirman kan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, me lainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. Tetapi Aku berkata kepadamu: Jangan lah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat”.

Renungan

Seorang sahabat pernah berkata, ”Jujur itu menyakitkan, tetapi tidak jujur itu lebih menya kitkan.” Ia mengatakan demikian karena ia telah dikhianati oleh kekasihnya. Ia telah dibohongi, ia telah diduakan. Katanya! Mengenai kebenarannya? Entahlah! Kita hanya berusaha menjadi pendengar yang baik bagi sahabat yang sedang berkeluh kesah.

Yesus menghendaki kita untuk menyatakan kebenaran atau kejujuran. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Yesus tidak menghendaki kita memberikan keterangan palsu atau melakukan kebohongan. Menyatakan jujur, ya atau tidak, berarti yang diucapkan hendaknya sesuai dengan maksud dalam hati.

Suara hati adalah kompas kebenaran, demikian sebuah ungkapan mengatakan. Mari kita belajar mendengarkan suara hati atau bisikan Tuhan sendiri, sehingga kebenaran dan kejujuran terwujud di mana pun juga.

Doa: Bapa Yang Mahabaik, Kristus Putra-Mu mengajarkan kepadaku tentang nilai ke jujuran. Semoga aku senantiasa memiliki keberanian untuk mewujudkannya. Amin.

Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: