Ziarah 9 Goa Maria di Jakarta dan Bogor Lingkungan Clara 1

img 12571

Lingkungan Clara 1 Ziarah ke 9 Goa Maria Jakarta dan Bogor

 

Dalam rangka Bulan Maria Mei 2013 ini, Lingkungan Clara 1 kembali mengadakan Ziarah ke 9 Goa Maria di Jakarta dan Bogor. Peserta sebanyak kira-kira 30 orang dan kebanyakan ibu-ibu, pada pukul 6.00 pagi sudah berkumpul di depan rumah makan Amie, jalan Kelapa Nias Raya. Tepat pukul 6.30. bis Blue Star yang ditumpangi berangkat dan didahului dengan doa oleh Suster Elfrida mohon keselamatan dan tidak macer selama dalam perjalanan.

Goa Maria pertama yang dikunjungi adalah Goa Maria di Paroki Salib Suci Tanjung Priok. Di sana kami berdoa Rosario dan menyampaikan intensi dari peserta. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Paroki Stasi Kim Tae Gon, yang ditempuh kira-kira 30 menit dari Paroki Salib Suci. Selama di perjalanan dibagikan sarapan nasi uduk. Di Stasi Kim Tae Gon kami kembaqli berdoa Rosario dan melakukan foto bersama.

Sebagai goa ke tiga, kami tiba di Sekolah Don Bosco II. Kembali kami berdoa rosario dengan menyampaikan intensi dari peserta. Selanjutnya kami sampai di gereja Santo Yakobus  dan berdoa Rosario dengan intensi yang sama. Di sini kembali kami berfoto bersama.

Lalu lintas kota Jakarta dipagi hari Sabtu 18 Mei 2013, sangatlah mendukung. Tidak macet dan kami dapat sampai di Paroki St. Paskalis, Cempaka Putih sebagai Goa ke lima sesuai jadual. Goa ke enam kami pilih Gereja Keluarga Kudus di Jalan Balai Pustaka, Rawamangun. Cuaca sangat mendukung tidak panas dan tidak hujan, suasana doa sangat hikmat. Sebagai goa ke tujuh, kami sampai di Paroki St. Bonaventura, Pulomas. Ini adalah goa terakhir yang kami kunjungi di Jakarta. Selanjutnya kami akan berangkat ke Bogor.

Perjalanan ke Bogor, juga lancar, kami berdoa rosario dalam perjalanan. Seperti umumnya ibu2 kalau piknik, selama ziarah ini konsumsi tidak henti-henti dan selama perjalanan ke Bogor ini dibagikan nasi kotak untuk makan siang. Terima kasih yah untuk seksi konsumsi.

Kami tiba di Bogor jam 14.30 dan langsung menuju goa yang ke 8, yaitu di Susteran Gembala baik, Baranang Siang. Akhirnya tibalah kami di goa yang ke Sembilan yaitu di susteran FMM Regina Pacis Bogor. Biara dan kapel yang didirikan semasa pemerintahan colonial dulu masih terlihat kokoh dan apik, hanya terdapat banyak bangunan tambahan yaitu gedung sekolah. Suasana doa sangat hikmat, dilanjutkan dengan renungan oleh Suster Elfri dan kemudian dilanjutkan foto bersama. Sebagian peserta berdoa pribadi di kapel susteran. Kapel yang antik dengan kaca kaca patri yang indah, begitu tenang dan ditata dalam taman yang asri.

Tidaklah lengkap kalau ibu-ibu berziarah tanpa belanja, namanya aja ziarek, ziarah dan rekreasi. Kami sepakat akan melakukan wisata belanja makanan, tempat yang dipilih adalah di sekitar Taman Kencana di mana di situ ada Apple Pie, Macaroni Panggang, Lasagna Gulung, dll. Dari situ kami kemudian menuju Restoran Gili-Gili untuk makan malam. Pukul  19.30 tepat kami berangkat kembali ke Jakarta..jalanan tidak terlalu macet banget.  Kami tiba di Jakarta pukul 20.45, selesailah acara ziarah, perut kenyang dan hati pun tenang karena tidak ada halangan selama dalam perjalanan.

Tonni Muliawan (Clara 1)

Advertisements
%d bloggers like this: