Renungan harian 4 Juni 2013 -”Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!”

Selasa, 4 Juni 2013
Pekan Biasa IX (H)
SP Maria, Ratu Para Rasul; St. Kuirinus;
St. Fransiskus Caracciolo; B. Yakobus dr Viterbo; St. Petrus dr Verona

Tob. 2:9-14;
Mzm. 112:1-2,7bc-8,9;
Mrk. 12:13-17

Bacaan Injil : Mrk. 12:13–17

Kemudian disuruh beberapa orang Farisi dan Herodian kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan.Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya: ”Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?” Tetapi Yesus mengetahui kemunafikan mereka, lalu berkata kepada mereka: ”Mengapa kamu mencobai Aku? Bawalah ke mari suatu dinar supaya Kulihat!” Lalu mereka bawa. Maka Ia bertanya kepada mereka: ”Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka: ”Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka: ”Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia.

Renungan
Seorang pengusaha bertanya kepada temannya, ”Apakah kamu taat membayar pajak?” Jawab temannya, ”Saya taat membayar pajak. Tetapi, yang membuat saya kesal adalah bahwa pajak yang kita bayarkan itu seharusnya sebagian adalah untuk kesejahteraan rakyat, sebagian lagi untuk gaji para penyelenggara negara, tetapi kesejahteraan rakyat kurang diperhatikan, fasilitas umum untuk rakyat juga kurang diperhatikan!”

Kita sebagai warga negara wajib memberikan apa yang menjadi kewajiban kita kepada negara, salah satunya adalah membayar pajak. Kita berusaha melaksanakan kewajiban kita sebaik-baiknya dan menaati peraturan yang ada, karena kita mau menjadi warga negara yang baik. Selebihnya, apa yang kita bayarkan itu akan diatur oleh para penyelenggara negara.
Sebagai orang beragama, sebagai pengikut Kristus, anggota Gereja atau umat Allah, maka kita juga harus memberikan kewajiban kepada Allah, memberikan yang terbaik kepada-Nya, entah persembahan kita ataupun pelayanan kita. Sehingga dengan demikian kita memenuhi sabda Kristus, ”Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah”.

Doa: Ya Allah, aku bersyukur karena Engkau telah memberikan yang terbaik untuk ke hidupanku. Semoga segala perbuatanku yang baik menjadi persembahan yang sangat berkenan kepada-Mu. Amin.

Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: