Renungan harian 15 Mei-“Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. “

Rabu, 15 Mei 2013
Pekan PASKAH VII (P); Novena Pentakosta 6
St. Maria Dominika Mazzarello, Prw.; St. Isidor (us),
St. Pakomius; Sta. Dymphna; Sta. Bertha dan St. Rupertus

Kis. 20:28-38;
Mzm. 68:29-30,33-35a,35b-36c;
Yoh. 17:11b-19

Bacaan Injil : Yoh. 17:11b-19

“Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran”.

Renungan

Sebelum berpulang kepada Bapa, Yesus berdoa untuk murid-muridNya. Ia mohon supaya Bapa yang kudus memelihara mereka dalam namaNya dan melindungi mereka dari yang jahat. Sebab selama hidup di dunia, mereka selalu ada dalam bahaya. Kejahatan yang berkedok kebaikan ada di mana-mana. Tanpa sadar, mereka bisa terseret menjauh dari Tuhan dan dinajiskan. Tapi nama Tuhan sudah diserukan atas mereka. Mereka dilindungi dalam nama Tuhan. Berapa kali sehari orang beriman menyebut “Dalam nama Bapa….” Nama itu kudus dan penuh kuasa. Nama itu mampu mengusir roh jahat dan segala perbuatannya yang jahat.

Yesus mohon supaya Bapa membuat murid-muridNya tetap bersatu, sebab kalau bersatu, mereka kuat. Persatuan mereka kokoh tak tergoyahkan bila dilandaskan pada Bapa menurut model persatuan Allah Tritunggal Mahakudus Bapa, Putra dan Roh Kudus yang Maha Esa dan tak terbagi. Yesus juga mohon supaya Bapa menguduskan murid-murid-Nya. Mereka ada di dunia, tetapi bukan milik dunia, melainkan milik Allah. Mereka mengambil bagian dalam kehidupan Allah yang kudus. Karena itu mereka tidak bisa “dipakai” oleh dunia untuk maksud-maksud jahat, sebab mereka sudah dikhusus kan, sama seperti piala untuk Ekaristi kudus dikhususkan dan tidak bisa dipakai untuk tujuan lain. Selama Yesus bersama murid-muridNya, Ia telah memelihara mereka dan menyampaikan segala firman Tuhan, dan mereka telah menerimanya.

Doa Yesus itu adalah doa untuk semua muridNya di segala zaman, juga untuk kita sekarang. Kita merasa aman kalau didoakan oleh orang “saleh”. Betapa lebih lagi doa Yesus menguatkan kita yang diutus olehNya.

Sumber: Renungan Harian Mutiara Iman 2013, yayasan Pustaka Nusatama Yogyakarta

