Renungan harian 13 Mei 2013 -“Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku”

Senin, 13 Mei 2013
Pekan PASKAH VII (P)
Novena Pentakosta 4

Sta. Petronela; Sta. Imelda Lambertini; St. Andreas Fournet; SP Maria dr Fatima; Sta. Maria Dominica Mazzarello

Kis. 19:1-8;
Mzm. 68:2-3,4-5ac,6-7ab;
Yoh. 16:29-33

Bacaan Injil : Yoh. 16:29–33

Kata murid-murid-Nya: ”Lihat, sekarang Engkau terus terang berkata-kata dan Engkau tidak memakai kiasan. Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah.” Jawab Yesus kepada mereka: ”Percayakah kamu sekarang? Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Renungan

Yesus tahu para murid masih akan mengalami godaan dan pencobaan. Tetapi, Ia meneguhkan mereka dengan mengatakan bahwa Ia telah mengalahkan dunia. Yesus meneguhkan mereka dengan suatu kemenangan, sehingga mereka mempunyai harapan atas dasar iman kepercayaan. Dengan berita kemenangan itu, semangat untuk berjuang timbul kembali. Yang terdesak dan terkulai pun bangkit segera. Hati para murid dikuatkan, walaupun mengalami penganiayaan. Demikianpun umat yang ada di Efesus merasa diteguhkan oleh pemberitaan dan pengajaran Paulus, sehingga mereka memberikan diri dibaptis dalam nama Yesus dan jumlahnya banyak.

Yesus selalu hadir dalam hidup kita untuk meneguhkan hati kita yang sering ciut karena berbagai persoalan atau kesulitan dalam hidup. Ia datang pada kita dan berkata, ’kuatkanlah hatimu!’. Peneguhan Yesus itu bukan berarti bahwa Ia yang akan menyelesaikan segala persoalan kita, bukan juga berarti bahwa kita tidak akan mengalami kesulitan atau tidak mempunyai masalah lagi, tetapi peneguhan itu memberikan janji bahwa Ia menyertai kita dalam menghadapi segala masalah dan Ia memberi kekuatan pada kita untuk menyelesaikannya.

Doa: Terima kasih Tuhan atas janji yang Kauberikan kepadaku untuk memberikan ke­kuatan ketika aku berhadapan dengan berbagai macam persoalan, kesulitan, godaan yang akan merintangi perjalanan imanku. Amin.

Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: