Renungan harian 12 Mei 2013 – “Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka”

Minggu, 12 Mei 2013
Pekan PASKAH VII (P)
Novena Pentakosta 3
Hari Komunikasi Sedunia
St. Nereus, Achileus, Pankrasius, dan Sta. Flavia Domitila; St. Germanus; St. Leopoldus Mandic; B William Tirri

Kis. 7:55-60;
Mzm. 97:1,2b,6,7c,9;
Why. 22:12-14,16-17,20;
Yoh. 17:20-26

Bacaan Injil : Yoh. 17:20–26

“Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku. Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.”

Renungan

Sekarang ini, dalam Gereja semakin tumbuh kesadaran dan kerelaan untuk saling mendoakan. Ketika ada seseorang yang meminta didoakan, tidak sedikit di antara kita yang membalas ’mari kita saling mendoakan’. Jawaban seperti ini mengajak orang juga untuk peka dan solider terhadap kebutuhan serta harapan sesamanya. Ajakan itu berisi sebuah peringatan bahwa bukan hanya engkau sendiri yang membutuhkan doa, tetapi saya juga butuh didoakan.

Di dalam doa-Nya, Yesus memohon bukan untuk kepentingan-Nya sendiri, melainkan untuk kepentingan mereka yang telah menerima pewartaan-Nya. Yesus berdoa supaya mereka yang telah percaya dan bersatu dengan-Nya, juga membangun relasi dengan sesamanya. Lebih dari itu, Yesus juga memohon kepada Bapa-Nya untuk mereka yang mendengarkan pewartaan para murid dan percaya kepada-Nya. Yesus berdoa untuk kita semua supaya hidup dalam persatuan sebagaimana Ia bersatu dengan Bapa-Nya.

Doa: Tuhan Yesus, persatuan yang Kaumohonkan kepada Bapa di surga janganlah sampai rusak karena kebencian, kemarahan, kekecewaan, dan segala macam kejahatan yang semakin mudah dan sering tumbuh dalam hatiku. Berilah aku Roh Cinta-Mu, agar aku mampu mengalahkan segala kejahatan dengan cinta ilahi-Mu. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: