Renungan harian9 Mei 2013-”Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”

Luk_ 24_46–53Kamis, 9 Mei 2013
HARI RAYA KENAIKAN TUHAN (P)

St. Sirilus dr Sesarea; Sta. Katarina dr Bologna;
B. Maria Katarina dr St. Agustinus

Kis. 1:1-11;
Mzm. 47:2-3,6-7,8-9;
Ef. 1:17-23 atau
Ibr. 9:24-28; 10:19-23;
Luk. 24:46-53
Bacaan Injil    : Luk. 24:46–53

Kata-Nya kepada mereka: ”Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.” Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

Renungan
Inti dari hari kenaikan Tuhan adalah perpisahan antara Kristus dengan para murid dengan meninggalkan berkat dan pengutusan. Berkat yang dilimpahkan kepada mereka menimbulkan rasa sukacita yang luar biasa, yang menghilangkan seluruh kegalauan, kegelisahan, ketakutan dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Tetapi, para murid tidak boleh hanya berhenti pada rasa sukacita yang meluap-luap. Kristus menugaskan mereka agar memberitakan ke seluruh dunia mengenai karya keselamatan Allah yang harus ditanggapi dengan melakukan pertobatan dan menerima pengampunan dosa. Kenaikan Kristus berarti kepulangan Kristus kepada Bapa dan awal dari hidup perutusan Gereja. Gereja tidak boleh berdiam diri, tetapi harus mulai berjuang untuk menghidupi imannya dan melakukan pewartaan Kristus yang naik ke surga.
Kita harus menyadari bahwa berkat Tuhan yang dilimpahkan hari demi hari, bukan hanya untuk diri kita sendiri, melainkan juga bagi orang lain. Maka, kita yang telah menerima berkat dan mengalami sukacita karena berkat itu, sesungguhnya diutus untuk meneruskan dan membagikannya kepada orang lain.
Tuhan, aku kadang ingin menggenggam berkat-Mu itu sendirian, dan tidak mau membagikannya pada saudara-saudari yang lain. Aku ingin memperbaiki sikapku yang egois ini, dan aku ingin menjadi penyalur berkat-Mu bagi setiap orang yang aku jumpai. Amin.

Advertisements
%d bloggers like this: