Renungan harian 8 Mei 2013-“Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.”

DOVE_LOVERabu, 8 Mei 2013
Pekan PASKAH VI (P)

SP Maria, Bunda dan Pengantara Segala Rahmat;
St. Bonifasius IV, Paus; St. Benediktus II, Paus; St. Aloysius Rabata

Kis. 17:15,22 – 18:1;
Mzm. 148:1-2,11-12ab,12c-14a,14bcd;
Yoh. 16:12-15
Bacaan Injil    : Yoh. 16:12–15

“Masih banyak hal yang harus Ku­kata­­kan kepadamu, tetapi se­karang kamu belum dapat me­nanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.”

Renungan
Bacaan Injil hari ini merupakan kelanjutan dari Injil pada hari kemarin. Di dalamnya, Yesus memberitahukan bahwa Roh Kudus yang mampu menghibur itu, juga akan membantu dan memimpin mereka memahami berbagai kebenaran yang selama ini masih belum ditangkap oleh mereka. Ketika berbagai kebenaran itumulai diketahui, para rasul juga akan tahu apa yang selanjutnya harus dan perlu mereka lakukan.

Yang mereka perlu lakukan adalah memiliki hati yang terbuka bagi kehadiran Roh Kudus. Sebagaimana para Rasul, kita juga perlu mempunyai hati yang terbuka bagi campur tangan Roh Kudus agar hal penting dalam hidup ini yang selama ini masih kabur bagi kita, akhirnya menjadi lebih jelas dan menguatkan diri kita.

 

Sumber : Renungan Harian 2013, yayasan Pustaka  Nusatama Yogya 

Advertisements
%d bloggers like this: