Renungan harian 6 Mei 2013-” Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi”

Senin, 6 Mei 2013
Pekan PASKAH VI (P)
St. Dominikus Savio

 

Kis. 16:11-15;
Mzm. 149:1-2,3-4,5-6a,9b;
Yoh. 15:26-16:4a

Bacaan Injil : Yoh. 15:26–16:4a

“Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.

Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.”

Renungan

Bacaan pertama hari ini mengisahkan bagaimana St. Paulus mewartakan firman Tuhan di Macedonia Kis. 16:11-15. Di sana Paulus bertemu dengan wanita-wanita yang berdoa. Melalui perjumpaan dan pengajaran itulah Tuhan membuka hati para wanita untuk menerima Firman Tuhan yang disampaikan oleh Paulus. Ada kerelaan dari para wanita untuk berkumpul dan mendengarkan ajaran Paulus. Dalam proses inilah Tuhan membuka hati mereka untuk menerima warta sukacita keselamatan Allah yang diwartakan oleh Paulus. Sebuah proses yang bertahap, mulai dari kerelaan berkumpul, kerelaan mendengarkan dan akhirnya Tuhan sendiri yang membukahati mereka.

Kita mendambakan kabar sukacita Tuhan dalam kehidupan kita. Kita mendambakan damai dan sukacita, ketenangan dan kegembiraan dari Tuhan. Namun, semuanya itu perlu sebuah kerjasama antara kita dan Roh Kudus sendiri. Kabar sukacita dari pihak Allah dicurahkan, namun perlu juga kerjasama dengan manusia yang rela untuk mencari sukacita itu. Kisah Paulus dan umat gereja perdana, memberi teladan kepada kita semua bahwa untuk mendengarkan kabar sukacita Allah, kita perlu berupaya untuk berkumpul, bersekutu, rela mendengarkan Tuhan. Di situlah kemudian Tuhan Akan membuka hati kita dan mencurahkan rahmatNya. Kerelaan kita untuk berkumpul bersama sesama, kesediaan kita untuk mendengarkan firman Tuhan dalamaneka kesempatan, akan menghantar kita untuk menerima sukacita Allah di dalam hati kita.

Sumber : Renungan Harian Mutiara Iman 2013, yayasan Pustaka Nusatama Yogyakarta

Advertisements
%d bloggers like this: