Renungan harian 4 Mei 2013-”Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.”

Sabtu, 4 Mei 2013
Pekan PASKAH V (P)

Yosef Maria Rubio
Kis. 16:1-10
Mzm. 100:1-2,3,5
Yoh. 15:18-21

Bacaan Injil : Yoh. 15:18–21

”Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku”.

Renungan

Ada tarik menarik yang kuat antara kekuatan surga dan dunia. Antara yang ilahi dan duniawi. Yesus telah memperingatkan kita bahwa tidak mudah untuk menjadi pengikutNya. Bahkan dikatakan bahwa apabila dunia membenci kita hal itu wajar karena dunia lebih dahulu membenci Yesus. Itulah resiko yang akan ditanggungoleh siapa saja yang mengaku diri sebagai murid Kristus. Dunia melawan kita. Kalau Yesus saja dilawan apalagi kita.

Semua itu harus kita hadapi bersama dengan Yesus, kita tanggung bersama rasa sakit karena penganiayaan karena derita Yesus jauh lebih hebat dari yang kita tanggung. Dalam dan demi namaNya kita tanggung segala resiko yang akan kita alami karena orang-orang yang belum mengenal Dia dan Bapa yang telah mengutusNya.

Sumber :Renungan Harian Mutiara Iman 2013, yayasan Pustaka Nusatama Yogyakarta

Advertisements
%d bloggers like this: