Renungan harian 30 April 2013-Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepada mu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia ke padamu.

Jesus_Appears_To_Disciples_Selasa, 30 April 2013
PEKAN PASKAH V (P)
St. Marianus dan Yakobus; St. Pius V, Paus;
St. Yosef–Benedik Cottolengo; B. Benediktus dr Urbino

Kis. 14:19-28;
Mzm. 145:10-11,12-13ab,21;
Yoh. 14:27-31a

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepada mu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia ke padamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kem bali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi. Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikit pun atas diri-Ku. Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, bangunlah, marilah kita pergi dari sini.”

Renungan
Damai sering kali terjadi sesudah perseteruan. Hal ini terjadi ketika orang yang terlibat dalam perseteruan itu menyadari bahwa berseteru itu membuat hidup tak pernah aman dan damai.

Damai yang diberikan Tuhan adalah damai sejati, damai yang berasal dari Allah, yang tak pernah didapatkan dari dunia. Damai Tuhan menjadikan orang selalu bersukacita dalam segala keadaan, baik ataupun buruk. Damai Tuhan mengikat rasul-rasul untuk bertahan menghadapi segala tantangan, damai yang membebaskan mereka dari rasa takut untuk menyelesaikan pekerjaan Tuhan sampai mati.

Semua orang ingin hidup dalam damai, namun perjuangan untuk menciptakan damai membutuhkan pengorbanan. Salah satu bentuk pengorbanan yang dibutuhkan untuk hidup damai adalah kerendahan hati dan semangat rela mengampuni siapa saja yang menyakiti hati kita dalam hidup ini.

Doa: Tuhan, berikanlah kepadaku semangat damai dan rela mengampuni. Amin. Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: