Renungan harian 21 April 2013- “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,”

Yoh 10_27–30Minggu, 21 April 2013
Pekan Paskah IV (P)
Hari Minggu Panggilan; St. Anselmus;
St. Simon bar Sabbae; St. Konradus dr Parzham

Kis. 13:14,43-52;
Mzm. 100:2,3,5;
Why. 7:9,14b-17;
Yoh. 10:27-30

Bacaan Injil : Yoh. 10:27–30

“Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku mem berikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar daripada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu.”

Renungan :

Yesus menempatkan diriNya sebagai seorang Gembala. Dengan menjadi Gembala berarti Yesus mau menunjukkan panggilanNya sebagai seorang pemimpin yang sungguh menggembalakan, mendampingi dan menjaga kawanan domba-Nya. Oleh sebab itulah Yesus menekankan relasi antara sang Gembala dan domba yang digembalakanNya. Relasi ini sangat menentukan keselamatan para domba. Yesus mengingatkan bahwa domba-domba yang mengenal Gembalanya akan selalu mendengarkan suaraNya dan mengikutiNya. Pengenalan Gembala dan domba membuat relasi semakin menjadi akrab dan dekat. Yesus selalu mengenal umatNya serta yang menjadi kebutuhan mereka dan tentu saja tujuan akhir hidup mereka, yakni keselamatan.

Oleh sebab itulah Yesus menekankan perlunya kita selalu mendengarkan suaraNya. Mendengarkan memang membutuhkan konsentrasi dan perhatian penuh karena tidak sekadar mendengar. Setelah mendengarkan, kitapun mengikutiNya sebagai jawaban nyata dari suara yang kita dengarkan. Mengikuti Yesus menjadi tanggapan kita untuk bersatu denganNya yang menjadi tujuan hidup kita sebagai pengikutNya.

Suara Tuhan memang tidak selalu bisa terdengar dengan jelas, maka dibutuhkan sungguh untuk mendengarkan. Kita hanya dapat melakukan dengan benar kehendak Tuhan jika kita tahu persis yang dikatakanNya.

Sumber :Renungan Harian 2013, yayasan Pustaka

Advertisements
%d bloggers like this: