Renungan harian 20 April 2013 – ”Adakah perkataan itu meng goncangkan imanmu?

Sabtu, 20 April 2013
Pekan Paskah III (P)
St. Teodorus Trichinas;
Sta. Oda, Sta. Agnes dr Montepulciano

Agnes dr Montepulciano
Kis. 9:31-42
Mzm. 116:12-13,14-15,16-17
Yoh. 6:60-69

Bacaan Injil : Yoh. 6:60–69

Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: ”Perkataan ini keras, siapakah yang sang­gup mendengarkannya?” Yesus yang di dalam hati-Nya tahu, bahwa murid-murid-Nya bersungut-sungut tentang hal itu, berkata kepada mereka: ”Adakah perkataan itu meng goncangkan imanmu? Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada? Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. Tetapi di antaramu ada yang tidak percaya.” Sebab Yesus tahu dari semula, siapa yang tidak percaya dan siapa yang akan menyerahkan Dia. Lalu Ia berkata: ”Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorang pun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya.” Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. Maka kata Yesus kepada kedua belas murid-Nya: ”Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Jawab Simon Petrus kepada-Nya: ”Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.”

Renungan
” Apakah perkataan itu menggoncangkan kamu” (Yoh.6:61).itulah pertanyaan Yesus kepada murid-murid Nya karena mereka mulai merasakan kerasnya ajakan Yesus untuk menjadi murid yang sejati. Yesus memang sangat keras dalam pendidikan bagi murid-murid Nya agar mereka sungguh menjadi murid Yesus yang benar. Pertanyaan Yesus ingin menunjukkan bahwa proses pembinaan yang terjadi harus dengan tantangan. Dengan goncangan yang dibuat oleh Yesus. Terjadilah seleksi secara sungguh-sungguh. Murid-murid Yesus merasakan bahwa perkataan Yesus sangat keras untuk di jalankannya.
Persoalan yang muncul dalam hidup kita sebagai murid Yesus adalah orang mau mencari yang gampang, enak, cepat , tanpa halangan dan rintangan. Kata-kata Yesus hari ini menantang kita. Apakah perkataan Yesus menggoncangkan iman kita ? Yesus mau mengajak kita untuk bersatu dengan-Nya lewat makan dan minum bersama Dia dalam pengobanan hidup-Nya. Sumber: Inspirasi Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: