Renungan harian 17 April 2013-”inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”


Yoh 6_35–40Rabu, 17 April 2013

Pekan Paskah III (P)
St. Anisetus, Paus; Sta. Klara Gambacorta;
B. Baptista Spagnoli dr Mantua

Kis. 8:1b-8;
Mzm. 66:1-3a,4-5,6-7a;
Yoh. 6:35-40
Bacaan Injil    : Yoh. 6:35–40

Kata Yesus kepada mereka: ”Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. Tetapi Aku telah berkata kepadamu: Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya. Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”

Renungan
Yesus berkata “ Akulah Roti hidup;  barang siapa datang kepada-Ku , ia tidak akan  lapar lagi , dan barang siapa percaya kepada-Ku ia tidak akan haus lagi “ Bagi orang-orang Yahudi, roti adalah makanan pokok untuk mempertahankan hidup. Tetapi hidup yang dimaksud oleh  Yesus   bukan saja hidup jasmaniah, melainkan juga hidup rohaniah.  Yaitu hidup dalam Kasih dengan Allah dan sesama. Hidup dalam kerajaan Allah.  Hidup seperti itu hanya dimungkinkan karena kasih Allah dalam diri Yesus.” Sebab Aku  telah turun dari surga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia  yang telah mengutus Aku.”  Jadi,  roti yang dimaksud adalah Yesus sendiri  dan yang percaya kepada-Nya akan mendapat kelimpahan hidup sehingga tidak lapar dan haus lagi. Karena itu orang yang diundang  datang kepada -Nya  dan memang itu kehendak Allah Bapa, yaitu “ Setiap orang yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal dan supaya Aku membangkitan-Nya pada akhir zaman. “ Allah Bapa memiliki kedaulatan untuk memberikan semua orang yang percaya kepada Anak agar tidak ada satupun yang yang hilang dan dibangkitkan -Nya pada akhir zaman. Semua yang diberikan dan datang pada Yesus itu diterima-Nya, dipelihara dan dilindungi pada saat penghakiman terakhir. Namun” Sungguh pun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya” kata “ melihat Aku “ harus diartikan memercayaai bahwa Yesus akan membangkitkan orang mati pada akhir zaman.

Yesus adalah jalan,  dengan-Nya  orang dapat memperoleh kehidupan kekal. Karena itu,  sebagai pengikut Kristus sudah seharusnya kita percaya da mengandalkan-Nya.

Sumber : Inspirasi Batin 2013

