Renungan harian 15 April 2013 -“Kamu mencari Aku bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, tetapi karena kamu telah makan roti dan kenyang.”

Yoh 6_22-29Senin, 15 April 2013
Pekan Paskah III (P)

B. Pedro Gonzalez; B. Damian de Veuster

Kis. 6:8-15;
Mzm. 119:23-24,26-27,29-30;
Yoh. 6:22-29
Bacaan Injil    : Yoh. 6:22-29

Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain daripada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat. Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya. Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus. Ketika orang banyak menemukan Yesus di seberang laut itu, mereka berkata kepada-Nya: ”Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?” Yesus menjawab mereka: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.” Lalu kata mereka kepada-Nya: ”Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?” Jawab Yesus kepada mereka: ”Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

Renungan
Orang banyak masih ada di seberang danau Galilea. Para murid Yesus sudah berangkat. Mereka tahu Yesus tidak ikut mereka. Di mana Dia? Mereka mencari- Nya. Kemarin mereka makan roti dan ikan sampai kenyang. Sekarang mereka sudah lapar lagi. Di mana mereka bisa mendapat makanan? Ada beberapa perahu datang dari Tiberias. Yesus tidak ada di situ. Mereka naik perahu-perahu itu sebanyak yang bisa ditampung. Tibalahmereka di Kepernaum. Mereka amat senang melihat Yesus sudah ada di sana. Mereka berharap mendapat jatah roti lagi.

Tapi kali ini tidak ada pembagian roti. “Kamu mencari Aku bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, tetapi karena kamu telah makan roti dan kenyang.” Itu benar. Mereka hanya ingat perut. Mereka tidak berpikir lebih jauh atau lebih dalam apa makna roti itu. Mereka tidak menghubungkannya dengan nabi Elia yangmembuat mukjizat serupa untuk seratus orang. Mereka lupa bahwa nenek moyang mereka diberi makan manna selama peziarahan mereka di padang gurun. Kemarin mereka hanya makan sampai kenyang dan tidak memikirkan siapa yang memberi.

Kita pun sering seperti itu, hanya menikmati tetapi tidak pernah memikirkan pemberinya, apalagi bersyukur. Semoga Injil hari ini memberi kita inspirasi untuk belajar bersyukur.

 

Sumber : Renungan Harian 2013, yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta 

 

Advertisements
%d bloggers like this: