Renungan Harian 14 April 2013- “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Minggu, 14 April 2013
PEKAN PASKAH III (P)
St. Tiburtius, Valerianus dan Maximus; Sta. Lidwina
Bacaan I : Kis. 5:27b–32.40b–41
Mazmur : 30:2.4.5.6.11a.12.13b; R:2a
Bacaan II : Why. 5:11–14
Bacaan Injil : Yoh. 21:1–19

Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut. Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang murid-Nya yang lain. Kata Simon Petrus kepada mereka: ”Aku pergi menangkap ikan.” Kata mereka kepadanya: ”Kami pergi juga dengan engkau.”…. Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki.”

Renungan
Dalam khotbah di sebuah stasi desa, seorang pastor dengan penuh semangat menjelaskan tentang tanggung jawab setiap orang yang sudah dibaptis, yaitu menjadi imam, nabi, dan raja. Selesai perayaan Ekaristi banyak orang tua datang kepada pastor tersebut dan mengatakan, ”Dari dahulu kami berpikir bahwa tugas itu hanyalah tugas dari mereka yang menerima panggilan khusus, bukan tugas kami!”
Mungkin ada banyak orang dari antara para pengikut Kristus, yang hingga saat masih berpikir seperti itu, karena berbagai alasan kesibukan menata pekerjaan dan keluarga masing-masing. Pertanyaan Yesus kepada Petrus bukanlah untuk Petrus semata-mata, tetapi untuk semua orang yang menjadi pengikut-Nya. Jawaban ‘ya’ kita dalam pembaptisan mengandung tiga tanggung jawab di atas, yakni menjadi imam, nabi, dan raja—menguduskan, mewartakan, dan menggembalakan! Itulah balasan cinta kita kepada-Nya!
Tuhan, bantulah aku untuk menyadari panggilan hidupku menjadi imam, nabi, dan raja! Amin. Sumber : Ziarah Batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: