Renungan harian 11 April 2013-“Barang­siapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal”

Yoh 3_31–36Kamis, 11 April 2013
PEKAN PASKAH II (P)

Pw St. Stanislaus dr Krakow;
St. George Gervase

Bacaan I    : Kis. 5:27–33
Mazmur    : 34:2.9.17–18.19–20; R: 7a
Bacaan Injil    : Yoh. 3:31–36

“Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya. Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorang pun yang menerima kesaksian-Nya itu. Siapa yang me­nerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar. Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.
Bapa mengasihi Anak dan telah menye­rahkan segala sesuatu kepada-Nya. Barang­siapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat ke­pada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”

Renungan
Yohanes menjawab pertanyaan muridmuridnya tentang Yesus. Dia menjelaskan bahwa Yesus memberi kesaksian mengenai kebenaran dari Allah tetapi tidak seorang pun menerima kesaksian- Nya tersebut. Sebagai utusan Allah, Yesus sendirilah yang mewartakan tentang Allah. Dialah Putera Allah.

Sebab itu Allah begitu mengasihiNya dan menyerahkan segala sesuatu kepadaNya. Dengan penuh rendah hati, Yohanes mengatakan kepada murid-muridnya bahwa barangsiapa percaya kepada Yesus, ia beroleh hidup yang kekal. Tetapi barangsiapa tidak percaya kepadaNya, ia tidak akan memperoleh hidup yang kekal.

Yohanes dengan rendah hati mengajari murid-muridnya untuk percaya kepada Yesus tanpa merasa  kredibilitasnya sebagai seorang guru dan pembabtis disabotase.

Dia justru memberi kesaksian akan Yesus sebagai Juru Selamat dan mengajarkan kepada murid-muridnya untuk percaya kepada Yesus. Lalu bagaimana dengan kita yang adalah murid-murid Yesus? Apakah kita percaya kepadaNya?

 

Sumber :Renungan Harian 2013, yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta 

Advertisements
%d bloggers like this: