Renungan harian 9 April 2013 -“Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali”

Yoh  3_7–15Selasa, 9 April 2013
PEKAN PASKAH II (P)
Sta. Kasilda; St. Thomas OFM, dkk: Demetrius, Petrus, dan Yakobus

 

Hari Biasa
Pekan II Paskah

 

Kis. 4:32-37;
Mzm. 93:1ab,1c-2,5;
Yoh. 3:7-15
Bacaan Injil    : Yoh. 3:7–15

Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.”Nikodemus menjawab, katanya: ”Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?” Jawab Yesus: ”Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.”

Renungan
Gerakan pembaruan dalam Gereja Katolik telah mengubah hati begitu banyak orang di zaman ini sehingga mereka sungguh-sungguh berpartisipasi dalam karya pewartaan Gereja, seperti yang terjadi pada zaman Gereja Perdana. Apa yang diharapkan oleh Paus Yohanes XXIII pada pembukaan Konsili Vatikan II bahwa Gereja harus membuka jendela selebar-lebarnya kepada karya Roh Kudus, telah menjadi kenyataan.
Dengan pencurahan kuasa Roh Kudus, banyak orang merasa seperti ”dilahirkan kembali” dan mengalami buah-buah rohani yang luar biasa. Buah-buah rohani yang diperoleh melalui pertobatan dan pembaruan hidup, mendorong mereka untuk melakukan segala pekerjaan baik dalam melayani Tuhan dan sesamanya. Sabda Yesus hari ini sungguh menjadi kuncinya: ”Kamu harus dilahirkan kembali!”.
Ya Tuhan, bantulah aku agar boleh mengalami rahmat kelahiran kembali dalam kuasa Roh Kudus-Mu!

Advertisements
%d bloggers like this: