Renungan harian 17 Februari 2013- Yesus di padang gurun selama 40 hari

IMG_1213Minggu, 17 Februari 2013
Pekan PRAPASKAH I (U)
St. Teodulus; St. Bonfilio dkk.;
St. Silvinus; St. Nisephorus

Ul. 26:4-10;
Mzm. 91:1-2,10-11,12-13,14-15;
Rm. 10:8-13;
Luk. 4:1-13
Bacaan Injil    : Luk. 4:1–13

Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar. Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: ”Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.” Jawab Yesus kepadanya: ”Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja.” Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia. Kata Iblis kepada-Nya: ”Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu.” Tetapi Yesus berkata kepadanya: ”Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: ”Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau, Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi Engkau, dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.” Yesus menjawabnya, kata-Nya: ”Ada firman: Jangan engkau mencobai Tuhan, Allahmu!” Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.

Renungan
Seorang pastor pernah berkata, ”Semakin kita dekat dengan Tuhan dan semakin kita hidup baik serta saleh, semakin besar godaannya. Tapi jangan takut. Bersama Tuhan,  kita akan menang.”
Godaan tidak mengenal warna rambut dan kulit. Siapa saja bisa mengalaminya, juga  mereka yang hidup baik dan suci. Bahkan, Yesus pun tak luput dari godaan. Markus melukiskan secara singkat bagaimana Yesus mengalami godaan Iblis di padang gurun. Padang gurun merupakan simbol dari wilayah kekuasaan setan. Karena itu, padang gurun menghadirkan sebuah kehidupan yang penuh tantangan dan godaan. Tetapi juga, padang gurun merupakan tempat orang melatih diri dengan berpuasa dan bermati raga. Yang menarik, bahwa Dia dilayani oleh malaikat-malaikat Allah. Ini menandakan bahwa Allah Bapa tidak membiarkan Yesus sendirian.
Kita tidak kebal terhadap godaan. Apalagi zaman sekarang,  godaan makin canggih. Tawaran dunia ini menarik dan begitu menggiurkan, tapi kerap menyesatkan. Godaan-godaan apa saja yang kerap saya alami dalam hidup ini? Maukah saya berguru pada Yesus untuk menghadapi segala godaan?

Sumber : Ziarah Batin 2013

***

Advertisements
%d bloggers like this: