Renungan hariaqn 27 Januari 2013-”Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan te¬lah datang.”

IMG_1213Minggu, 27 Januari 2013
Pekan Biasa III (H)
Sta. Angela Merici; St. Gabriel dr Bunda Berdukacita;

Neh. 8:3-5a,6-7,9-11;
Mzm. 19:8,9,10,15;
1Kor. 12:12-30;
Luk. 1:1-4; 4:14-21

Bacaan Injil : Luk. 1:1–4; 4:14–21

Teofilus yang mulia, banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku meng¬ambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.
Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu. Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia. Ia datang ke Nazaret tempat Ia di¬besarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab. Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: ”Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan te¬lah datang.” Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya. Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: ”Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.”

Renungan
Diceritakan, ada satu keluarga kaya masuk sebuah Restoran mewah, memesan makanan dalam jumlah yang banyak. Ketika pesanan tiba, mereka mulai menyantapnya. Sesudah beberapa saat, mereka selesai makan. Mereka menyisakan hampir separuh makanan mereka.
Di belakang restoran, ada tiga anak menunggu pemberian sisa-sisa makanan. Rupanya seorang pelayan restoran, secara diam-diam membungkus sisa-sisa makanan untuk diberikan pada mereka. Dengan gembira, tiga anak miskin tadi menerima pemberian sisa makanan. Mereka membawanya ke rumah.umtuk menyantapnya bersama orang tua mereka. Keluarga miskin ini menyantap makanan sisa itu dengan lahap dan gembira.
Rupanya kegembiraan tidak harus identik dengan kemewahan. Namun, benar bahwa kemiskinan ada di mana-mana. Dalam Injil hari ini, Yesus menyatakan misi kedatangan-Nya dengan jelas, antara lain: menyampaikan kabar baik kepada orang miskin dan pembebasan bagi orang tertindas…. Keberpihakan Yesus pada kelompok yang miskin, tersisih, hendaknya menjadi keberpihakan kita semua.
Doa: Tuhan, bukalah mata dan hatiku supaya peduli pada nasib orang-orang di sekitarku yang kurang beruntung hidupnya. Amin.
Sumber : Ziarah batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: