Renungan harian 24 Januari -Karya nyata atau contoh konkret lebih berbicara daripada kata-kata

IMG_1213Kamis, 24 Januari 2013
Pekan Biasa II
Pw St. Fransiskus dr Sales, UskPujG. (P)

 

Ibr. 7:25 – 8:6;
Mzm. 40:7-8a,8b-9,10,17;
Mrk. 3:7-12

Bacaan Injil : Mrk .3:7-12

Kemudian Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau, dan banyak orang dari Galilea mengikuti-Nya. Juga dari Yudea, dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus dan Sidon datang banyak orang kepada-Nya, se­sudah mereka mendengar segala yang dilakukan-Nya. Ia menyuruh murid-murid-Nya menyediakan sebuah perahu bagi-Nya karena orang banyak itu, supaya mereka jangan sampai menghimpit-Nya. Sebab Ia menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menjamah-Nya. Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: ”Engkaulah Anak Allah.” Tetapi Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.

Renungan
Suatu ketika sejumlah imam sedang berdiskusi tentang khotbah mingguan yang biasa mereka lakukan. Semua sepakat bahwa banyak istilah-istilah dalam agama tidak dimengerti lagi oleh orang zaman ini. Sebagai contoh, istilah ’penebusan’ atau ’keselamatan’, apa sebenarnya maknanya? Istilah-istilah tersebut perlu diterjemahkan ke dalam bahasa sehari-hari. Kalau tidak, orang akan sulit untuk mengertinya. Selama diskusi berlangsung, ada seorang imam tua yang duduk tenang, tidak berkata sepatah kata pun. Pada akhir diskusi, imam tua ini berdiri dan berkata: ”Istilah atau kata-kata bisa saja tidak dimengerti, namun orang akan percaya bila kata-kata itu disertai karya nyata!”
Karya nyata atau contoh konkret kerap kali lebih berbicara daripada kata-kata. Pengajaran yang berlangsung bertahun-tahun bisa hilang tak berbekas manakala melihat contoh buruk dari sang pengajar. Sebaliknya, teladan yang baik, akan meneguhkan pengajaran yang telah diterima. Yesus tidak hanya mengajarkan banyak hal-hal yang baik, namun juga memberi banyak bukti kebaikan. Yesus, dalam Injil hari ini, memberi contoh pada kita. Ia tidak hanya pandai mengajar dengan kata-kata saja, tetapi juga melakukan tindakan konkret menyembuhkan banyak orang. Contoh paling nyata ajaran kasih Yesus adalah kesediaan-Nya mati di kayu salib.
Tuhan, ajari aku agar tidak hanya pandai berkata-kata, namun juga berbuat karya nyata. Amin.

Sumber : Ziarah batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: