Renungan harian 14 januari 2013- ”Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

IMG_1213Senin, 14 Januari 2013

 

Petrus Donders, 
Odorico da Pordenone

 

Ibr. 1:1-6
Mzm. 97:1,2b,6,7c,9
Mrk. 1:14-20

Bacaan injil :Mrk. 1:14-20;

Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: ”Waktunya telah genap; Keraja­an Allah sudah dekat. Bertobatlah dan per­­cayalah kepada Injil!” Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: ”Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang mem­bereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

Renungan:

Menjadi ‘penjala manusia’ berarti menjadikan hidup kita sebagai sebuah kesaksian akan cinta Tuhan yang menyelamatkan. Sehingga siapa-pun yang berelasi dengan kita, dapat merasakan arti sebuah keselamatan, dan mengalami cinta Allah yang besar dalam hidup mereka. Dan ‘mengikuti Yesus’ adalah sebuah syarat untuk dapat menjadi ‘Penjala manusia’. Bulan Januari, untuk sebagian besar orangadalah waktu untuk merencanakan banyak hal dan membuat aneka tekad kebaikan untuk mengisi hari-hari hidup mereka sepanjang tahun ini.

Maka alangkah baiknya, kalau kita menempatkan ajakan Yesus untuk mengikutiNya ini, sebagai acuan kita meletakkan semua rencana dan tekad baru kita sepanjang tahun ini. Mengikuti Yesus, adalah jalan yangmemudahkan kita menjalani semua rencana-rencana kita ke depan, melalui pekerjaan dan aktivitas kita sehari-hari, kita akan mampu memenangkan banyak jiwa mengalami sukacita Allah yang Mari kita bersyukur atas ajakan Yesus yang menjadikan kita penjala manusia sebagai sebuah kepercayaan yang sangat besar yang diberikan Tuhan kepada kita.Kita mohon berkatNya dan penyertaanNya agar kita mampu melaksanakan tugas mulia itu membebaskan dan melindungi.

Mari kita bersyukur atas ajakan Yesus yang menjadikan kita penjala manusia sebagai sebuah kepercayaan yang sangat besar yang diberikan Tuhan kepada kita. Kita mohon berkatNya dan penyertaanNyaagar kita mampu melaksanakan tugas mulia itu.

 

(Renungan Harian Mutiara Iman 2013, yayasan Pustaka Nusatama Yogyakarta )

Advertisements
%d bloggers like this: