Renungan harian 6 Januari 2013-Banyak orang mencari Yesus dengan macam-macam alasan, Hanya mereka yang mencari dengan tulus dan kesungguhan hati akan menemukan-Nya.

IMG_1213Minggu, 6 Januari 2013
Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan (P)
Hari Anak Misioner Sedunia
Kaspar, Melkior, dan Balthasar (Tiga Raja)
B. Didakus Yosef dr Sadiz

 

Yes. 60:1-6;
Mzm. 72:1-2,7-8,10-11,12-13;
Ef. 3:2-3a,5-6;
Mat. 2:1-12
Bacaan Injil    : Mat. 2:1–12

Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: ”Di mana­kah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahir­kan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.” Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya: ”Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.” Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: ”Pergi dan selidikilah dengan sek­sama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah Dia.” Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkat­lah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia.
(Bacaan selengkapnya lihat Alkitab Mat. 2:1-12)

Renungan
Dalam kisah ini ada tiga tokoh: Herodes, Ahli Taurat, dan Orang-orang Majus dari Timur. Ketiganya mencari Yesus. Herodes, ketika mendengar bahwa Almasih telah lahir, ia sibuk mencari info. Bahkan meminta bantuan para ahli untuk mendapatkan informasi yang akurat. Tak lupa, ia berpesan agar orang Majus itu kembali kepadanya bila telah menemukan Yesus. Herodes tak pernah berjumpa Yesus.
Ahli Taurat adalah pakar-pakar Kitab Suci yang mengetahui dengan persis isi Kitab Suci. Mereka tidak hanya tahu tapi juga dapat menunjukkan pada orang lain siapa dan di mana Almasih itu lahir. Sayang mereka sendiri tidak bertemu Yesus sang Almasih.
Tiga orang Majus dari Timur. Mereka datang dari jauh dengan petunjuk dan informasi yang tidak jelas. Petunjuknya hanya bintang-bintang di langit yang kadang-kadang menghilang. Mereka tidak putus asa. Mereka terus mencari dan bertanya-tanya kepada siapa saja yang dianggap membantu. Mereka membawa persembahan, tanda bahwa mereka telah sungguh menyiapkan diri. Akhirnya, orang-orang inilah yang berhasil bertemu Yesus. Banyak orang mencari Yesus dengan macam-macam alasan. Hanya mereka yang mencari dengan tulus dan kesungguhan hati akan menemukan-Nya.
Tuhan, ingatkan aku, agar seperti orang Majus, selalu bersedia mencari-Mu dengan hati yang tulus, juga ketika langit gelap gulita tak ada bintang. Amin.

Sumber : Ziarah batin 2013

Advertisements
%d bloggers like this: