Renungan HariAn 31 Desember-“Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.”

Senin, 31 Desember 2012
Hari ke-7 Oktaf Natal (P)
Sta. Melania; St. Silvester I, Paus
Bacaan I : 1Yoh. 2:18–21
Mazmur : 96:1–2.11–12.13; R: 11a
Bacaan Injil : Yoh. 1:1–18

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya ber sama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh ke inginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: ”Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.” Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Renungan
Pada hari ini kita berada di penghujung tahun 2012 dan kita akan memasuki tahun yang baru. Banyak dari kita sudah bersiap-siap bersama keluarga dan teman-teman atau tetangga untuk mengadakan syukuran, pesta, barbeque, dan lain-lain untuk melepas tahun lama dan menyongsong tahun baru. Mudah-mudahan segala persiapan jasmani kita untuk menyongsong tahun baru itu juga dibarengi dengan persiapan rohani kita.

Sang Terang telah datang untuk menerangi hidup manusia, namun kadang manusia tidak mengenal-Nya, bahkan menolak Sang Terang itu. Banyak di antara kita lebih senang berada dalam situasi ”remang-remang”. Dalam keremangan itu, kita masih bisa menyembunyikan perbuatan-perbuatan negatif kita dan berharap tidak kelihatan. Inilah situasi umum yang kerap dialami oleh orang-orang baik yang mau ikut Tuhan, namun belum bisa melepaskan kedosaannya. Semoga hari ini menjadi kesempatan yang indah bagi kita untuk melakukan perubahan hidup secara radikal. Memasuki tahun yang baru, kita tanggalkan baju lama kita yang penuh dosa dan bersama Sang Terang Sejati yang telah lahir bagi kita, kita memulai hidup yang baru.

Doa: Ya Tuhan, singkapkanlah selubung-selubung kegelapan yang membuat aku merasa jauh dari-Mu. Beranikanlah aku untuk melakukan perubahan hidup saat ini. Amin. Sumber : Ziarah Batin 2012

Advertisements
%d bloggers like this: