Pendalaman Iman Masa Adven Pertemuan ke 3 Di Lingkungan Clara 1 dan 2 -Komunikasi dalam keluarga

img00900 20121212 2026

Lingkungan Clara 1 dan 2 pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2012 mengadakan Pendalaman Iman Masa Adven yang ke 3, bertempat di rumah keluarga bapak Broto dan ibu Martha,  Pendalaman Iman kali ini dipandu oleh bapak Vincentius Eko dan dihadiri oleh 22 umat. Secara keseluruhan pertemuan berjalan dengan baik dan diikuti penuh antusias oleh umat yang hadir.

Bapak Vincentius Eko memandu pertemuan dengan sangat baik, setelah Doa Pembuka, dimulai dengan aktivitas permainan mengenai komunikasi sebagai Ice breaking untuk mencairkan suasana. Umat dibagi dalam empat kelompok dan masing-masing kelompok memilih ketua dan wakil ketua kelompok. Setelah itu wakil ketua kelompok diminta untuk menghafalkan kata-kata yang dibisikkan oleh bapak Vincentius Eko dan kemudian meneruskannya secara berantai kepada anggota kelompok sampai kepada anggota terakhir, yaitu ketua kelompok. Ternyata hasil komunikasi berantai itu, setelah tiba pada orang terakhir, kata-kata awal yang dibisikkan oleh bapak Vincentius Eko menjadi sangat berubah. Permainan yang kedua, bapak Vincentius Eko minta ibu Martha dan anaknya mendemontrasikan komunikasi antara anak dan orang tua.

Tujuan permainan-permainan ini, selain sebagai ice breaking, juga agar para anggota keluarga dapat belajar memahami pentingnya komunikasi non verbal dari orang-orang yang dikasihinya supaya komunikasi dalam keluarga dapat berlangsung lebih efektif.

Setelah pengenalan jenis komunikasi di atas dilakukan, kemudian setiap kelompok mendiskusikan apa yang mereka lihat dan rasakan lalu membandingkannya dengan keluarga masing masing, apakah komunikasi yang dilakukan dalam keluarga masing-masing sudah berdasarkan kasih sayang dan iman?

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Injil Yohanes 2: 1-11 dan diakhiri dengan Doa Umat Spontan.

Pada akhir pertemuan Bapak Vincentius Eko menyimpulkan, bahwa komunikasi keluarga yang efektif adalah komunikasi dua arah yang didasari cinta kasih dan komunikasi dalam keluarga harus selalu melibatkan komunikasi dengan Tuhan setiap hari.

Toni/ Clara 1
Advertisements
%d bloggers like this: