Renungan harian 27 November 2012-”Waspadalah, supa­ya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku”

Selasa, 27 November 2012
Pekan Biasa xxxiv (H)
 SP Maria Tak Bernoda dr Medali Wasiat; St. Yakobus dr Persia;
St. Virgilius; St. Fransiskus – Antonius Fasami

Why 14:14-20,
Mzm 96:10,11-12,13,
Luk 21:5-11

Bacaan Injil    : Luk. 21:5–11

Ketika beberapa orang berbicara ten­tang Bait Allah dan mengagumi ba­ngunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus: ”Apa yang kamu lihat di situ — akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun akan dibiar­kan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan di­runtuhkan.” Dan murid-murid bertanya ke­­pa­­da Yesus, katanya: ”Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?” Jawab-Nya: ”Waspadalah, supa­ya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka. Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera.” Ia berkata kepada mereka: ”Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan mela­wan kerajaan, dan akan terjadi gempa bu­mi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.”

Renungan
Pembicaraan mengenai akhir zaman cukup santer akhir-akhir ini dalam berbagai kesempatan, seperti ceramah-ceramah tentang akhir zaman atau Persekutuan Doa, dengan tema tentang akhir dunia. Ada banyak orang yang resah danketakutan. Ada yang sampai menjual segalanya karena toh akhirnya tidak dibawa serta. Ada yang kecewa karena yng dibicarakan itu tak kunjung tiba juga, tidak sesuai dengan apa yang dikatakan sebagai sebuah kepastian. Akhir zaman atau kiamat itu memang akan terjadi, akan tetapi kapan waktu dan saatnya? Tidak ada orang yang tahu. Kita ingat akan kata-kata Yesus: “Banyak orang akan datang memakai namaKu…hendaklah kamu waspada supaya kamu tidak disesatkan!”.

Kita semua memang harus waspada, karena tidak ada orang yang tahu persis kapan akhir zaman itu tiba.

Sumber : Berjalan bersama Sang Sabda 2012

Advertisements
%d bloggers like this: