Renungan harian 26 November 2012- ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda mis­kin ini memberi lebih banyak daripada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi per­sembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.”

Senin, 26 November 2012
Pekan Biasa XXXIV (H)
St. Yohanes Berchmans; St. Silvester Gozzolini;
St. Leonardus a Porto Mauritio; St. Sarbel Maklouf

 

Why 14:1-3,4b-5,
Mzm 24:1-2,3-4ab,5-6,
Luk 21:1-4
Bacaan Injil    : Luk. 21:1–4

Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya me­masukkan persembahan mere­ka ke dalam peti persembahan. Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. Lalu Ia berkata: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda mis­kin ini memberi lebih banyak daripada semua orang itu. Sebab mereka semua memberi per­sembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.”

Renungan
Waktu masih kecil, saya dinasehati dan diajari oleh kebajikan ini: “Kekayaan atau apa saja yang kita punyai dan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah pemberian Tuhan. Karena itu mestinya kita bagikan juga dengan orang lain”. Ungkapan ini menggugah nuraniku sebagai imam Tuhan dan imam bagi umat untuk membangun kesadaran baru, memberi sesuatu yang saya miliki yaitu hati dan pikiranku, bahkan seluruh hidupku. Pemberian atau katakanlah sumbangan yang kita berikan, sekecil apapun tetapi kalau diberikan sebagai ungkapan isi iman dan kepercayaan kita kepada Tuhan, akan sangat bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Kita, hendaknya menyadari bahwa orang miskin juga memiliki andil dalam mendukung karya keselamatan sesama manusia. Kita tidak dapat menyangkal kenyataan bahwa kehidupan gereja Katolik di negeri kita ini sangat didukung oleh sumbangan umat yang miskin. Semoga semangat hidup janda miskin dalam Injil hari ini tetap hadir dalam diri dan hidup kita dewasa ini.

 

Sumber : Berjalan Bersama Sang Sabda 2012

Advertisements
%d bloggers like this: