Sekilas Info Penerimaan Sakramen Penguatan di Paroki St. Yakobus Kelapa Gading

kris 20

Pada hari Sabtu 17 Nov 2012  Bapak Uskup KAJ Mgr. Ignatius Suharyo telah  memberikan Sakramen Penguatan (ini istilah yang lebih tepat dibandingkan Sakramen Krisma) di Paroki kita St. Yakobus kepada 290 umat, remaja maupun dewasa, termasuk dari SMP-SMP Katolik di dalam area Paroki St.Yakobus, yang sudah mempersiapkan diri selama 8 kali pertemuan dibimbing para ibu/bapak katekis di Paroki dan para ibu/bapak guru agama di sekolah.

Rm. Anton Gunardi, MSF, selaku Pastor Kepala Paroki, membuka Misa Penerimaan Sakramen Krisma dengan menyerahkan 290 calon kepada Bapak Uskup dalam misa jam 5:30 Sabtu yang lalu. sore. Juga ikut memimpin misa RD St. Sutopanitro dan RD Antonius Suyadi.

Dalam Homili  Uskup menceritakan suatu kisah yang inspiratif tentang  keberanian untuk Bersaksi dan Bertindak.

Misa diiringi Koor Gabungan Sta.Lucia – Sta.Theresia yang menyanyikan lagu-lagu tematis perutusan, al. Prayer of St. Francis, dengan sangat indah. Koor yang luar biasa.

Data statistik peserta Sakramen Penguatan Paroki St. Yakobus 2012 adalah sbb:

Total 290 (laki-laki 142, perempuan 148)
Remaja 201 (Laki-laki 103, perempuan 98; bimbingan di Paroki 87, di sekolah 114) Dewasa 89 (Laki-laki 39, perempuan 50)
Ke-114 yang bimbingan di sekolah-sekolah Katolik dalam area Paroki Kelapa Gading, rinciannya sbb: SMP Santo Yakobus. 56
SMP St. Pieters. 47
SMP Marie Joseph. 6
SMP Don Bosco. 5

Pastor Anton dalam misa mengingatkan bahwa Sakramen Penguatan, merupakan salah satu dari 3 Sakramen-sakramen Inisiasi, selain Sakramen Permandian dan Sakramen Ekaristi. Sakramen Penguatan juga adalah salah satu dari 3 sakramen-sakramen yang merupakan materai tetap, yang hanya boleh sekali seumur hidup, selain Sakramen Permandian dan Sakramen Imamat.

Setelah misa, di depan altar, Bapak Uskup dan para pastor berfoto bersama setiap kelompok bimbingan dan pembimbingnya, kemudian koor dan terakhir kelompok pembimbing/katekis.

Panitia, yang dikomandani Bpk. Y. Malik Setyawan, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Uskup, para pastor, Koor gabungan Sta.Lucia-Sta.Theresia, para petugas misa, para orang tua murid dan rekan-rekan para pembimbing/katekis atas kerjasama yang baik, dan mohon maaf seandainya ada kelalaian yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Siapa yang dapat mengikuti sakramen penguatan ?

Anak remaja yang sudah berusia 13 tahun, atau kelas 2 SMP, sudah boleh mengikuti persiapan dan menerima Sakramen Penguatan. Umat yang belum mendapatkan Sakramen Penguatan, belum menerima Sakramen-sakramen Inisiasi secara utuh.

Sakramen Penguatan, selain merupakan salah satu dari Sakramen-sakramen Inisiasi, juga adalah sakramen pengurapan Roh Kudus, sakramen pendewasaan iman, dan sakramen perutusan (sebagai imam, nabi dan raja).

Pendaftaran bimbingan Sakramen Penguatan akan dibuka kembali sekitar pertengahan tahun depan. Diadakan sekali setahun. Informasi pendaftaran akan diumumkan melalui warta paroki, milis ini, website paroki di parokiyakobus.wordpress.com dan sekretariat paroki.

Andreas “Mr. HQ” Gosyanto

Advertisements
%d bloggers like this: