Renungan harian 6 Oktober 2012-“banyak raja dan nabi ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak emlihatnya dan ingin mendengar apa yang kamu dengar tetapi tidak mendengarnya”

Sabtu, 6 Oktober 2012
Pekan Biasa XXVI (H)
St. Bruno; B. Isidorus; Diego de San Vitores; Sta. Maria Fransiska dr ke-5 luka Yesus

Ayb 42:1-3,5-6,12-17,
Mzm 119:66,71,75,91,125,130,
Luk 10:17-24
Bacaan Injil    : Luk. 10:17–24

Kemudian ketujuh puluh murid itu kem­­­bali dengan gembira dan berkata: ”Tuhan, juga setan-setan takluk kepada ka­mi demi nama-Mu.” Lalu kata Yesus kepada mere­ka: ”Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit. Sesungguhnya Aku telah mem­beri­kan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. Namun demikian, janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena nama­mu ada terdaftar di surga.” Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: ”Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak ada seorang pun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu.” Sesudah itu berpalinglah Yesus kepada murid-murid-Nya tersendiri dan berkata: ”Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.”

Renungan
Ketika menyaksikan ketujuhpuluh murid kembali dan dengan penuh bangga bercerita tentang warna pewartaan yang mereka alami, Yesus nampak sangat puas, senang dan berbangga dengan mereka. Makanya, spontan Yesus berdoa syukur kepada Bapa-Nya sambil mengatakan kepada muridNya “banyak raja dan nabi ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak emlihatnya dan ingin mendengar apa yang kamu dengar tetapi tidak mendengarnya”.

Kita semua adalah orang-orang yang sudah mendengar, melihat dan mengalami cinta serta penyertaan Yesus dalam hidup ini. Kita sesungguhnya termasuk bilangan orang-orang yang beruntung karena boleh menerima Yesus sebagai Kekasih jiwa,  Juruselamat dan Sang Penebus. Ajaran-ajaran Yesus membentangkan semua rahasia bagaimana mengalami rasa bahagia menikmati hidup yang sekarang dan juga membentangkan rahasia masa depan setelah hidup ini berakhir. Karena itu, siapa lagi yang mau kita cari dalam hidup ini?Tergodakah kita untuk berpaling dari Yesus? Siapa lagi yang lebih kaliber dari Yesus? Sejujurnya, anda tidak punya alasan berpaling dari Dia, sang Kaliber yang pernah ada dan akan tetap hidup menyertai kita hingga hari ini.

Sumber : Berjalan bersama  Sang Sabda 2012

Advertisements
%d bloggers like this: