Rekoleksi Wilayah Santa Theresia Wisma Pratista, Cimahi, 30 Juni – 1 Juli 2012

Memaknai Hidup Bersama dan

Berbagi dalam Cinta Kasih.

Dimulai dengan kerinduan yang mendalam beberapa umat akan rasa kebersamaan yang semakin pudar khususnya di Wilayah Santa Theresia, paroki Santo Yakobus. Maka dengan dimotori oleh Bapak Herman, Bapak Herry, Bapak Lutfi, IbuTrifina, Ibu Angel, Ibu Sherly, dan beberapa umat yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Maka diadakan pertemuan untuk melaksanakan rekoleksi khusus wilayah Santa Theresia.

Tanpa mengenal lelah akhirnya diputuskan tanggal dan tempat untuk rekoleksi. Wisma Pratista menjadi pilihan, dan tanggal 30 juni – 1 juli 2012 menjadi tanggal kami untuk mengadakan rekoleksi. Karena daya tampung wisma Pratista hanya berkisar 100 orang saja, maka kita memberikan informasi kepada umat akan keterbatasan daya tambung tersebut. AKhirnya terkumpul juga 100 orang dan ditambah beberapa umat dari lingkungan lain.

Ini juga menjadi surprise juga untuk Wilayah Theresia bahwa ternyata umat yang lain juga haus akan siraman firman selain ke gereja. Ada kerinduan yang mendalam dari umat untuk lebih menghayati kehidupan rohani. Dengan persiapan yang cukup baik dan atas kuasa roh kudus, maka hari rekoleksi sudah tiba.

Dengan semua paras wajah yang selalu tersenyum dan gembira maka kita berangkat dari Wilayah Theresia Pukul 6.30 wib, tanpa ada halangan yang cukup berarti, dan sampai dengan selamat di wisma  Pratista. Setelah rehat dan makan siang dilanjutkan dengan jalan Salib, walaupun dengan panas terik matahari, akan tetapi seluruh umat  dengan semangat menjalankan dengan iman dan taqwa. Setelah istirahat sejenak kemudian dengan pak lutfi dengan gaya “kocak”nya memcoba membawa kita semua untuk Ice Breaking dengan beberapa game dinamika kelompok. Disini terasa para umat sangat menikmati kebersamaan ini.

Malam hari dengan bimbingan pastur Aaron kita diajak untuk mengerti dan memahami misteri dari “Pembaptisan”, yang akhirnya bahwa kita diberikan pencerahan bahwa lewat pembaptisan kita diterima keluarga besar allah bapa di surga dan juga diterima oleh kehidupan di gereja lokal. Dengan demikian pastur Aaron mengajak seluruh umat turut serta aktif dalam berkehidupan di lingkungan dan mengharapkan terjadi persekutuan serta persaudaraan yang mendalam. Dari beberapa umat terjadi Tanya jawab yang cukup aktif tidak terasa waktu menunjukan waktu 22.30.

Untuk manjaga kehangatan kita dan persaudaraan juga kami mengadakan api unggun dan beberapa permainan kelompok. Ditemanin jagung rebus, singkong dan bandrek. Tanpa terasa waktu juga hampir menunjukan tengah malam. Akhir kita beristirahat untuk misa pagi dikapel Wisma Pratista.

Pukul 05.00 pagi umat sudah bangun dan mempersiapkan diri untuk misa pagi 06.30, dimana tidak terlihat sedikitpun kelelahan di paras wajah umat mengingat kegiatan kemarin yang sangat padat. Ini menandakan umat memang sangat ingin mengikuti rekoleksi ini dengan sungguh-sungguh.

Setelah misa pastur Aaron juga membawa kita suatu perenungan bahwa umat dalam basis sebenarnya adalah persaudaraan yang saling menguatkan iman.  Dimana semua umat pada dasarnya dipilih oleh ALLAH sendiri untuk melanjutkan penyebaran ajaran CINTA KASIH itu sendiri. Maka Pastur Aaron mengutip salah satu ayat di Injil Yohanes 15 : 16 yang tidak akan mungkin dilupakan para peserta rekoleksi. Dimana Pastur Aaron dengan sangat jelas dan sistematis memberikan penjelasan bahwa inti sari dari ayat terebut. Kemudian dilanjutkan Oleh Pastur Didi yang membawakan makna Ekaristis dan bagaimana kita nyikapi ekaristi itu tersebut. Akhirnya waktu juga yang membatasi kita harus kembali ke aktifitas semula.

Dari serangkaian kegiatan 1 malam dan 2 hari ini sangat terlihat dari senyuman yang puas akan kehidupan rohani dari masing2 umat. Dengan Journey ini dan akan kuasa roh kudus, kita dipersatukan dalam iman akan Yesus Kristus Putranya yang tunggal. ( Affandi Tjandra / Theresia )

Yohanes 15 : 16

Bukan kamu yang memilih AKU

Tetapi AKULAH yang memilih kamu

Dan AKU telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan

Menghasilkan buah dan buahmu itu tetap

Supaya apa yang kamu minta kepada BAPA dalam nama KU

DiberikanNYA kepadamu

 

Advertisements
%d bloggers like this: