Laporan Doa Lintas Agama di kelapa Gading

Seksi Hak, Kepemudaan dan Kerawam Paroki Kelapa Gading bersama dengan tokoh lintas agama di Kelapa Gading menyelenggarakan doa utk persatuan dan perdamaian bagi bangsa memasuki tahun 2011, pada hari Minggu tgl 9 Januari pk 14.30 s\d 17.30 di jl janur hijau 1 balai warga rw 01 gading pandawa kelapa gading timur jakarta utara

Komunitas  lintas agama berdoa untuk bangsa thumbnail
Perwakilan dari berbagai agama melepas burung merpati sebagai simbol perdamaian

Acara yang baru pertama kali diadakan itu diselenggarakan oleh seksi hubungan antaragama dan kepemudaan Paroki  St.  Yakobus Kelapa Gading, Jakarta, bekerjasama dengan  komisi kepemudaan KAJ.

Acara yang dihadiri 100 peserta dari berbagai agama mengusung tema ‘Mari kita membangun semangat  persatuan dan perdamaian.’

Romo Suyadi , me moderatori para pemuka Agama untuk berdialog.

Dengan pertanyaan2 pancingan yang sederhana dan mendasar seperti ” Apakah pertemuan ini bermanfaat ?”, Apakah perlu di tindak lanjutkan ?”, dll.

Pertemuan  berkembang menarik, banyak hal2 positif di ungkapkan.

KH Ahmad Sukri, tokoh Muslim, mengatakan, ini kesempatan baik untuk mempertemukan kita untuk memperkuat persahabatan.

Ia mengatakan radikalisme agama memang ada tapi itu  hanya untuk agama sendiri bukan untuk orang lain.

“Kami dari Gereja Katolik merasa bangga dengan kehadiran umat lintas agama. Meski di wilayah sudah aman tapi kita perlu saling kenal dan kerja sama,” kata Sayudi, seorang awam Katolik

“Toleransi aja tidak cukup. Kita perlu buat hal yang konkret misalnnya tarian poco-poco, olahraga bersama, beasiswa bagi anak-anak dari kelurga miskin,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Pendeta Sammy Paat. “Kita juga perlu membantu masyakat yang marginal sebagai aksi konkret kita.”

Sedangkan Suwarno, dari komunitas Buddha, mengatakan, “Kita perlu bentuk forum bersama sebagai kesempatan untuk dialog dan bisa saling mengenal sehingga kita tak saling curiga.”

Hadir juga pada kesempatan ini Bp Camat, Jupan RS Tampubolon beserta staff dan perwakilan FKUB(Forum Kerukunan Umat Beragama) dr Kodya Jakarta Utara.

Camat kelapa gading, menyampaikan terima kasih keapda Gereja Katolik yang mengadakan acara itu.  “Ini adalah momen terbaik bagi kita umat beragama untuk membangun  silahturahim.

“Masalah kerukunan agama di wilayah kita  tak diragukan karena tidak ada kasus intoleransi dan diskriminasi di wilayah kita. Ini berkat kerja sama kita semua,” katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada  para tokoh agama yang ikut menjaga kerukunan dan memperkuat tali persaudaraan.

Namun ia mengatakan karena acara seperti ini sudah sering dilakukan maka perlu ditingkatkan lagi dalam bentuk kegiatan konkrit.

Acara dialog dan doa di akhiri dengan, Pembagian 10 pohon perdamaian, pelepasan 10 ekor merpati putih, dan penanaman Pohon “perdamaian” di halaman Balai Warga RW 01, sebagai tempat pertama silaturahmi antar pemuka/umat beragama.

Menurut Romo  Suyadi, kegiatan ini adalah tindaklanjut dari program Keuskupan Agung Jakarta dan Konferensi Waligereja Indonesia. Ia berjanji akan mengadakan  kegiatan serupa di paroki-paroki lain di KAJ.

Sumber :

http://www.cathnewsindonesia.com/2011/01/11/komunitas-lintas-agama-berdoa-untuk-bangsa/ dan milis Yakobus

Advertisements
%d bloggers like this: