Kepekaan melihat kehadiran Tuhan- Renungan harian


Jumat 22 Oktober 2010

Bacaan:

Ef 4:1-6,
Mzm 24:1-2,3-4ab,5-6,
Luk 12: -5459

Yesus berkata pula kepada orang banyak: “Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.
Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi.
Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?
Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?
Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara.
Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.”

Renungan:

Kepekaan melihat kehadiran Tuhan dalam hidup melalui tanda-tanda alam dan peristiwa hidup itulah cara kita menilai zaman. Sabda Yesus pada hari ini sangat keras. Karena orang-orang di sekelilingNya tidak juga memahami tanda-tanda zaman. Mereka pandai menilai dan menangkap arti dari tanda-tanda alam tetapi kehadiran Tuhan Yesus mereka tidak lihat.

Pantas mereka dikritik oleh Yesus dengan kalimat: rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kami tidak dapat menilai zaman ini? Kehidupan kita dihiasi dengan banyak tanda-tanda alam dan Tuhan hadir didalam tanda itu. Namun kita kadang-kadang tidak melihatNya. Oleh karena itu kita harus memiliki kepekaan untuk melihat kehadiranNya. Kita membutuhkan doa dan meditasi secara personal dan mendalam agar mampu melihat Tuhan dalam peristiwa hidup. Kepekaan adalah persoalan latihan rohani untuk dapat peka melihat kehadiran Tuhan.

(Renungan Harian Mutiara Iman 2010, Yayasan Pustaka Nusatama)

Refleksi :

Bagaimana kita dapat melihat tanda dan kehadiran Tuhan dengan peka ?

Doa :

Bapa pimpin kami melalui Roh Kudus agar kami dapat melihat tanda dan kehadiran mu dalam kehidupan kami ,agar kami dapat mengikuti kehendak mu. Amin.

Advertisements
%d bloggers like this: